Fakta Menarik Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018

Ilustrasi

 

SEMARANG – Indonesia malam ini, tepat pukul 20.26 WIB akan menyaksikan tiga fenomena sekaligus yaitu Supermoon, Blood Moon dan Blue Moon atau Super Blood Moon yang mukin akan kita rasakan sekali dalam seumur hidup.  Berikut fakta yang metrosemarang.com simpulkan dari fenomena alam berikut.

1. Fenomena super langka

Fenomena ini menggabungkan tiga elemen sekaligus yaitu Supermoon, Blood Moon dan Blue Moon. Malam ini kita akan menyaksikan Gerhana bulan yang  sedang berkonfigurasi dengan Supermoon dan Blue Moon. Supermoon sendiri merupakan suatu kejadian dimana bulan paling dekat dengan bumi, sehingga ukurannya lebih besar dan lebih terang dari biasnya. Blue Moon merupakan istilah yang menggambarkan sesuatu yang jarang terjadi, termasuk bulan pernama yang terjadi 2 kali dalam sebulan kalender, termasuk yang  terjadi pada hari ini.  Fenomena Sopermoon, Blood Moon dan Blue Moon merupakan fenomena sangat jarang di temukan, tiga kejadian ini dahulu pernah dirasakan nenek moyang kita pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu.

2. Durasi waktu yang lebih lama

Bagi kalian yang ingin mengamati fenomena langka ini berikut tahapan gerhana bulan menurut bmkg,go.id yang bisa menjadi panduan menikmati fenomena Super Blood Moon yang unik ini

– Gerhana mulai  17 : 49,7 WIB
– Gerhana Sebagian mulai 18 : 48,1 WIB
– Gerhana Total mulai  19 : 51,4 WIB
– Puncak Gerhana (Puncak) 20 : 29,8 2 WIB
– Gerhana Total berakhir 21 : 08,2 WIB
– Gerhana Sebagian berakhir 22 : 11,5 WIB
– Gerhana berakhir  23 : 09,9 00 WIB

3. Dapat dilihat diseluruh dunia

Berbeda dengan gerhana matahari. Fenomena gerhana bulan bisa dinikmati hampir diseluruh belahan penjuru dunia dalam waktu yang cukup lama, yaitu daerah Amerika Utara, Samudrah pasifik, Siberia Timur, dan Asia. (Fitri Eka)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 6 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.