Evakuasi Selesai, Grup II Kopassus Kandang Menjangan Bakal Tarik Pasukan dari Banjarnegara

Komandan Grup II Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel (Inf) Ricard Tampubolon. Foto: Metro Jateng/MJ-16
Komandan Grup II Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel (Inf) Ricard Tampubolon. Foto: Metro Jateng/MJ-16

SOLO – Komandan Grup II Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel (Inf) Ricard Tampubolon, menerangkan bahwa hari ini, Selasa (23/12), pihaknya bakal menarik pasukan yang dikirimkan ke Banjarnegara, untuk membantu korban tanah longsor beberapa waktu lalu. Salah satu alasan penarikan tersebut, karena evakuasi sudah ditutup sejak dua hari kemarin.

“Ada 38 anggota Kopassus yang kami kirim ke Banjarnegara. Alat yang kita bawa kesana (Banjarnegara) salah satunya sepeda montor trail yang mampu menembus bencana dan juga kami membekali para anggota dengan kebutuhan logistik, untuk sepuluh hari,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (23/12).

Meski begitu, pihaknya tak menutup kemungkinan para anggota tersebut bakal kembali ke Banjarnegara. Jika kembali ke Banjarnegara, bukan untuk kembali melakukan evakuasi terhadap korban longsor, melainkan menanam bibit pohon yang bisa menahan bencana longsor.

“Ada rencana penanaman pohon-pohon yang memang kuat untuk menahan longsor, di bekas lokasi longsor. Sampai saat ini masih dikomunikasikan dengan Pangdam, Korem dan kewilayahan. Terkait berapa titik nanti akan ada survei lanjutan,” akunya. (MJ-16)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

32 − = 27

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.