Ekspor Tembus 1,5 Juta Unit, Jokowi Apresiasi Konten Lokal Yamaha Capai 94 Persen

Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja juga mengunjungi pabrik global YIMM

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir dalam seremonial “Pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha” yang digelar oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di kantor pusat YIMM Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (3/12/2018).  

Presiden Jokowi menjajal Yamaha XMax saat mengunjungi pabrik global YIMM, Senin (3/12/3018). Foto: dok PT YIMM

Presiden bersama rombongan tiba di kantor pusat PT YIMM sekitar pukul 12.00 WIB. “Saya sangat senang hadir di sini di PT Yamaha karena di 2014 produksi untuk ekspor saat itu 23 ribu motor, sekarang 338 ribu motor. Saya senang karena selain ekspor sudah 338 ribu dan nanti akan kita launching ekspor yang ke 1.500.000, ini jumlah yang sangat besar,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Mantan Wali Kota Solo ini juga memuji PT YIMM yang semakin banyak menggunakan konten lokal pada produknya. “Pertama ekspornya tinggi, yang kedua investasinya juga besar, yang ketiga karena lokal kontennya mencapai 94 persen, ini jumlah yang sangat besar. Kandungan lokalnya sangat tinggi. Investasi seperti ini yang terus kita cari. Sekali lagi saya sangat menghargai upaya-upaya yang dilakukan PT Yamaha,” imbuh Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja mengunjungi pabrik global YIMM.  Jokowi menyaksikan sepeda motor Yamaha XMax selesai dirakit.

Sementara itu, Excutive Vice President & COO PT YIMM, Dyonisius Beti, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi. Menurutnya, acara ini sangat berarti dan memotivasi bagi 250.000 karyawan terkait dengan bisnis Yamaha dan 2.000.000 karyawan di industri terkait sepeda motor.

“Kami dipercaya untuk memproduksi beberapa global model seperti motor sport R Series dan motor automatic MAXI seperti XMax dan NMax untuk dipasarkan ke seluruh dunia. Jadi apabila melihat motor tersebut di benua Amerika, Eropa, Australia, Asia dan bahkan di Jepang sendiri, pastilah motor tersebut karya anak bangsa, made in Indonesia, yang membanggakan Indonesia sebagai sepeda motor best seller yang telah dikenal di seluruh dunia,” papar Dyonisius Beti. (*)

 

 

 

 

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.