E-KTP Kendal: Server Melambat, Blangko Menipis, Petugas Kurang

Salah satu pelayanan perekaman data e-ktp. (foto:doc)

KENDAL – Proses pencetakan KTP elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal terkendala alat. Jumlah alat minim, selain itu jumlah petugas pun kurang. Peralatan minim sering rusak akibat server sering bermasalah.

Sementara petugas yang ada tidak fokus pada satu tugas pencetakan saja. Mereka juga melayani perekaman dan pembuatan surat keterangan.

Hingga Oktober 2017 ini sedikitnya 63 ribu warga Kendal belum memiliki e-KTP elektronik. Sebagai gantinya, warga mengantongi surat keterangan. Pencetakan e-KTP dari hasil perekaman data tahun 2016 belum selesai.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kendal Bambang Dwijono mengatakan,  setidaknya baru 37 ribu yang tercetak. “Kami mengalami beberapa kendala baik dari sumberdaya manusia maupun dari alat pencetak,” katanya Rabu (25/10) siang.

Dalam satu hari jam kerja satu mesin bisa mencetak sekitar 90 sampai 100 keping. Dengan catatan, mesin dapat beroperasi lancar. Jika terjadi masalah dengan server yang melambat, maka otomatis tidak bisa mencetak sebanyak itu.

“Selama ini Dispendukcapil sudah kerjasama dengan pihak pos. KTP elektronik yang sudah tercetak akan dikirim ke rumah,” imbuh Bambang. Kini, blangko KTP elektronik yang ada di dinas kependudukan dan pencatatan sipil tinggal 2.000. hal itu pun menjadi kendala percepatan e-KTP. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

49 − 42 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.