E-Auction Mudahkan Proses Lelang Mobil Bekas

Sistem ini memanfaatkan perangkat komputer dan disediakan di balai lelang.

SEMARANG – Bayauc Nasmoco Auction melakukan ekspansi bisnis lelang mobil bekas atau seken di Kota Semarang. Pada proses lelang tersebut, perusahaan joint venture antara Nasmoco Group dan Bayauc Co.Ltd dari Jepang menerapkan sistem E-Auction.

Jajaran pimpinan Nasmoco dan masyarakat mencoba lelang mobil dengan sistem E-Auction di Bayauc Nasmoco Auction di Jalan Raya Walisongo No 203 KM 11 Semarang, Rabu (13/11/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Sistem ini memanfaatkan perangkat komputer dan disediakan di balai lelang. Sebelum mengikuti lelang, peserta lelang dapat memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu.

President Director Bayauc Nasmoco Auctions, Kobayashi Manabu mengatakan, konsep bisnis yang diterapkan di perusahaannya tidak sekadar melelang mobil bekas, tapi juga membuat link ke end user.

“Kami melihat pengalaman banyak bisnis lelang gagal di Jepang, karena salah menerapkan sistem. Maka melalui bisnis ini kami ingin mengimplementasikan sistem yang lebih baik lagi,” ungkapnya saat pembukaan balai lelang Bayauc Nasmoco Auction di Jalan Raya Walisongo No 203 KM 11 Semarang, Rabu (13/11/2019).

Bayauc Nasmoco Auction sudah membuka bisnis di Indonesia, tepatnya di Alam Sutera Tangerang sejak 2016. Dalam proses lelang perusahaan Jepang yang sudah berusia 40 tahun itu menyesuaikan dengan pasar Indonesia.

“Bisnis kami beda dengan jual pakaian dimana konsumen tinggal pilih ukuran S, M, atau L. Konsep yang kami terapkan di antaranya mengecek kondisi dengan melakukan inspeksi. Dari hasil inspeksi ini bisa dijadikan referensi oleh konsumen yang akan bertransaksi di balai lelang,” jelasnya.

Selain konsep dan sistem tersebut, di balai lelang Bayauc Auction ada juga fasilitas Video Inspection System (VIS) untuk kendaraan yang dijual dengan harga Rp 100 juta ke atas, yang dapat dilihat juga di Youtube.

Auction Manager Bayauc Nasmoco, Hengky C Purba mengatakan, pihaknya menggelar lelang setiap hari Rabu pukul 11.00-13.00 WIB dan peserta lelang di Semarang dapat juga mengikuti lelang yang diadakan di Alam Sutera.

“Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti lelang, dapat melakukan registrasi dan membayar deposit untuk mendapatkan kartu NPL. Kartu tersebut akan digunakan untuk masuk ke sistem E-Auction dan melakukan proses tawar menawar lelang,” jelasnya.

Sementara untuk pasar Semarang, balai lelang tersebut menargetkan transaksi 75 unit mobil pada setiap waktu lelang. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.