Dukung Kelancaran Pemilu, Tim SAR Kawal Arus Lalu Lintas Pantura

Personel Basarnas akan berpatroli dengan membawa alat-alat penanganan kecelakaan serta pertolongan bagi korban selama enam hari terhitung mulai 16-21 April nanti.

SEMARANGPara personel Basarnas turut dilibatkan dalam memperlancar tahapan coblosan Pemilu pada 17 April nanti. Tim penolong disebar untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas di sepanjang jalur Pantura Jawa Tengah hingga ke jalan-jalan tol.

Personel SAR saat mengecek kesiapan peralatannya untuk mendukung kelancaran Pemilu. Foto: metrojateng.com/fariz fardianto

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi menyatakan personelnya akan berpatroli dengan membawa alat-alat penanganan kecelakaan serta pertolongan bagi korban selama enam hari terhitung mulai 16-21 April nanti.

Tujuannya, kata Aris demi mengantisipasi munculnya lonjakan arus kendaraan dari Jakarta yang hendak kembali ke Jateng.

“Sebagai antisipasi adanya peningkatan arus mudik masyarakat yang ingin melakukan pencoblosan dan juga liburan di kampung halaman, maka kami menggelar patroli ini,” ungkapnya, Selasa (16/4/2019).

Ia mengaku ingin memastikan para perantau yang hendak mudik ke kampung halamannya saat coblosan dapat merasa nyaman selama di perjalanan.

Para regu penolong, kata Aris juga dibekali peralatan ekstrikasi yang biasa digunakan untuk melakukan evakuasi bila terjadi kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan penanganan khusus.

Alat itu nantinya dapat berguna menolong korban kecelakaan yang terjepit dan tidak bisa ditolong dengan cara biasa atau manual. Tim SAR, lanjutnya kini menyiagakan pula personel yang punya kemampuan vehicle accident rescue (VAR).

“Dan tentunya tim kita telah dibekali kemampuan Medical First Responder, sehingga bila terjadi kecelakaan, tim bisa segera memberikan bantuan medis sementara,” terang Aris. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.