“Dukcapil Dalam Genggaman”, Urus e-KTP Tak Perlu Antre

Aplikasi berbasis android ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store.

SOLO – Untuk memudahkan pelayanan kependudukan bagi warga Solo, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meluncurkan aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman”. Aplikasi berbasis android ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store.

Pegawai Disdukcapil menunjukkan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman. Foto: metrojateng.com

Melalui aplikasi tersebut, warga tak perlu lagi antre dan menunggu lama untuk mengurus layanan administrasi kependudukan (Adminduk).

“Langkahnya download dulu di playstore dan klik menu lalu masuk ke pendaftaran baru, dilanjutkan memasukkan NIK dan masukkan kode baru daftar. Selanjutnya masukkan alamat email dan nomor HP. Dari situ akan mendapatkan password sementara,” jelas Suwarta, Kepala Dispendukcapil Kota Solo, Senin (3/9/2018).

Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman terbagi dalam empat fitur, yakni pengajuan layanan Adminduk meliputi layanan pengurusan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, Perpindahan Keluar dan Kedatangan; Layanan Pengaduan; Cek Status e-KTP, serta e-KTP Digital.

“Nantinya kalau seluruh masyarakat sudah mengunakan aplikasi ini tidak perlu repot-repot lagi bawa KTP atau KK sehingga lebih efiesien,” imbuh Suwarta.

Selain lebih efiesien, aplikasi ini juga untuk menekan praktik calo dan memberikan kemudahan bagi warga yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke Dispendukcapil.

Kasi Sistem Administrasi Kependudukan (Siak) Disdukcapil, Lusi Sari Murniati mengatakan program aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman ini masih terus dikembangkan. Aplikasi ini secara langsung terakses melalui database dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Database dari pusat, dan aplikasi dipegang oleh disdukcapil,” ujar Lusi.

Disdukcapil juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera memanfaatkan aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman tersebut untuk mengurangi antrean e-KTP. Setiap harinya sekitar 100 hingga 200 pemohon e-KTP dilayani oleh Disdukcapil Solo. (MJ-25)

Ucapan Lebaran 1440

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.