Dua Pekan Operasi, 4.184 Kendaraan di Demak Kena Tilang

Selain dilakukan penilangan, ada sekitar 890 pengendara yang mendapat teguran.

DEMAK – Sebanyak 4.184 kendaraan dikenakan bukti pelanggaran (tilang) selama dua pekan operasi lalu lintas di Kabupaten Demak. Di sisi lain, petugas juga menemukan emak-emak yang memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) terbalik.

Seorang pemotor yang terjaring razia karena pelat nomor motornya terbalik. Foto: metrojateng.com/dok Satlantas Polres Demak

Satlantas Polres Demak menggelar operasi di sejumlah titik selama kurun waktu 1-14 November 2018. Petugas memeriksa kelengkapan surat-surat berkendara. Selain itu juga merazia barang bawaan yang dimungkinkan melanggar pidana. Seperti senjata tajam dan narkoba.

Kasatlantas Polres Demak, AKP Christan Chrisye Lolowang menuturkan bahwa selain dilakukan penilangan, ada sekitar 890 pengendara yang mendapat teguran.

“Ada 4.184 yang kami tilang karena tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat berkendara, dan 890 kami tegur,” ujarnya, Jumat (16/11/2018).

Menurutnya, operasi itu dilakukan guna ketertiban dan keselamatan pengguna jalan.

“Ini semata-mata untuk keselamatan dan ketertiban berlalu lintas. Selain itu untuk memgantisipasi adanya tindakan yang mengarah ke pidana seperti senjata tajam dan narkoba,” paparnya.

Di sisi lain, ada kejadian unik saat menggelar operasi. Seorang emak-emak membawa sepeda motor dengan TNKB dipasang terbalik.

“Iya, TNKB nya terbalik. Itu bikin tertawa petugas yang  ada di lapangan. Saat ditanya, mak-mak itu tidak sadar kalau TNKB terbalik. Tidak kami tilang karena suratnya lengkap. Hanya Kami tegur biar dipasang dengan benar,” tandasnya. (MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.