Dua Murid SMP Kuncup Melati Peroleh Beasiswa ke Tiongkok

Kedua siswa bakal di Tiongkok selama empat tahun.

SEMARANG- Dua murid SMP Kuncup Melati atas nama Thalia Prajna Paramitha (15) dan The Ivan Nicolas (16), memperoleh kesempatanemas untuk meneruskan sekolah setingkat SMA ke Tiongkok.

Pelaparan siswa SMP Kuncup Melati sekolah keTiongkok, Senin (29/10/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Keduanya akan berangkat 1 November 2018 ke Guangxi Overseas Chinese School (GOCS), Nanning Shi, Guangxi Zhuangzuzizhiqu, Tiongkok. Mereka di sana selama empat tahun. Rinciannya setahun belajar bahasa Tiongkok dan tiga tahun menempuh pendidikan sekolah reguler.

“Mereka akan sekolah di sana untuk mendalami bahasa Tiongkok yang setara dengan SMA,” ungkap Kepala SMP Kuncup, Amita Budhiyani, di sela pelepasan kedua muridnya itu, di halaman sekolahnya, Senin (29/10/2018).

Ia menyebut kedua muridnya memperoleh beasiswa setelah mendapatkan penawaran dari Guangxi Overseas Chinese School (GOCS). Ternyata ada dua orang siswa yang berminat dari SMP Kuncup Melati, yang kemudian lulus seleksi. Selain itu, nilai di sekolah rata-rata delapan.

“Beasiswa yang diberikan mencakup biaya sekolah dan tempat tinggal di asrama,” katanya.

Thalia Prajna Paramitha mengatakan selama ini ia telah melakukan beberapa persiapan, seperti belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin tahap awal. Sementara untuk pelajaran Bahasa Mandarin secara penuh akan diberikan di sekolah tersebut.

“Pengalaman ke luar negeri ini merupakan pertama kalinya bagi saya. Untuk tetap membuat betah selama belajar di sana, saya akan terus berusaha menjalin komunikasi dengan orang-orang rumah dan teman-teman baru,” ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang ikut prosesi pelepasan dua murid Kuncup Melati itu bangga dengan prestasi mereka.

“Tapi kalau kalian dikasih ilmu, sampai kapanpun akan bisa diamalkan. Buat masyarakat keluarga dan bangsa negara. Kita harus jadi anak yang cerdas,” ungkap dia. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.