Dua Kali Perampokan Minimarket dalam Sejam, Diduga Pelaku Sama

Perampok menyatroni Indomaret Jalan Walisongo dan Alfamart Mangkang Kulon dengan total kerugian Rp 41 juta

SEMARANG – Kawanan perampok yang menyasar minimarket ternyata tidak hanya menyatroni Indomaret di Jalan Walisongo Ngaliyan Semarang. Masih di hari yang sama, Selasa (25/9/2018), perampokan juga terjadi di Alfamart Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu.

Ilustrasi. Perampokan minimarket marak terjadi di Semarang dalam dua pekan terakhir. Foto: metrojateng.com/dok

Kapolsek Tugu, Kompol Davis Busin Siswara mengatakan, aksi perampokan di Alfamart terjadi sekira pukul 04.00. Aksi kejahatan tersebut dilakukan oleh empat orang dan diduga pelaku yang sama dengan pelaku di Indomaret Ngaliyan.

“Informasi dari saksi, pelaku 4 orang, dan menggunakan mobil warna silver,” kata Davis saat ditemui usai mengikuti sejumlah kegiatan di Mapolrestabes Semarang.

Modus yang digunakan oleh pelaku juga mirip seperti yang dilakukan pada aksi kejahatan di Indomaret Jalan Walisongo. Pelaku terlebih dulu memarkirkan kendaraannya menghadap ke jalan raya, kemudian tiga orang langsung masuk dan menodongkan senjata ke penjaga.

Usai menggasak sejumlah uang, pelaku meninggalkan lokasi dengan terlebih dulu mengikat tangan dua orang penjaga kasir minimarket tersebut.

“Pelaku meninggalkan lokasi, terlebih dahulu mengikat pegawai toko dengan tali rafia yang ada di toko. Untuk kerugian sekitar Rp 16 juta,” beber Davis.

Davis melanjutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polrestabes Semarang maupun Polda Jawa Tengah guna mengusut kasus tersebut. Pasalnya dalam dua pekan terakhir telah terjadi empat perampokan yang menyasar minimarket di Kota Semarang.

Perampokan pertama terjadi pada Jumat (14/9) di Indomaret Setiabudi, Ngesrep, Banyumanik dengan kerugian Rp 23 juta. Hanya berjarak empat hari, Selasa (18/9), perampok menyatroni Indomaret TFH9 Ngesrep Timur.

Selasa pagi tadi sekira pukul 03.00, kawanan perampok menggondol uang Rp 25 juta dari Indomaret di Jalan Walisongo, Ngaliyan.

“Untuk penanganan memang kami sudah melakukan patroli 24 jam. Kami juga sudah berikan imbauan dan nomor telepon Polsek bila ada hal yang mencurigakan agar bisa segera hubungi kami,” tutur Davis.

Maraknya minimarket juga menjadi perhatian serius Kapolrestabes Semarang, Kombes Abioso Seno Aji.

“Ini sinyal bagi kami dari pelaku, tampaknya mereka mau coba-coba lagi. Maka jangan tanya kalau kami akan bertindak sangat tegas kepada mereka,” k usai mengikuti Upacara Gelar Pasukan Operasi Mantab Brata di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Rabu (19/9).

Abi juga mengatakan, seharusnya setiap minimarket yang buka 24 jam ada petugas keamanan yang berjaga sejak buka. Selain itu beberapa perangkat keamanan seperti CCTV harus dibenahi. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.