Dua Jemaah Haji asal Embarkasi Solo Wafat di Madinah

SOLO – Dua jemaah Calon Haji (Calhaj) asal Embarkasi Donohudan, Solo meninggal di Madinah, Arab Saudi. Kedua jemaah Calhaj yang meninggal atas nama Sunarto Sueb Sahad (57), berasal dari kelompok terbang (kloter) 15 asal Kabupaten Brebes dan Siti Aminah Rasyip (57) dari kloter 5 Kabupaten Batang.

Jemaah Haji Indonesia saat berada di ruang Muzdalifah, Embarkasi Haji Donohudan, Solo. Foto: metrojateng.com

Kasubag Humas dan Informasi PPIH Embarkasi Solo Afief Mundzir mengatakan, kematian dua jemaah Calhaj asal Brebes dan Batang tersebut disebabkan karena serangan jantung. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menerima surat resmi kematian jemaah, Kamis (26/7).

“Keduanya dinyatakan meninggal di KKIH (Klinik Kesehatan Haji Indonesia) Madinah. Bapak Sunarto meninggal pukul 22.15 waktu setempat. Sedangkan ibu Siti Aminah meninggal pukul 11.55 waktu setempat. Pihak keluarga almarhum dan almarhumah sudah mendapatkan pemberitahuan resmi melalui kantor Kemenag setempat. Jenazah dimakamkan di sana (Madinah),” jelas Afief.

Menurut informasi petugas di Madinah, Sunarto mengalami penurunan kesehatan sejak awal keberangkatan ke Madinah. Sunarto sudah mendapatkan perawatan intensif hingga akhirnya tidak dapat terselamatkan. Sedangkan Siti Aminah diketahui sakit saat di pemondokannya di Madinah.

Afief menambahkan, ahli waris jemaah yang meninggal akan mendapat klaim asuransi. Pengajuan klaim asuransi langsung dilakukan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Dana asuransi diambilkan dari dana optimalisasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Nantinya, dana asuransi tersebut akan ditransfer ke rekening jemaah untuk dicairkan oleh ahli waris. Besaran premi sesuai dengan kesepakatan antara pemerintah dengan Komisi VIII DPR RI,” jelas Afief.

Embarkasi Donohudan, Solo hingga Kamis (26/7) telah memberangkatkan sebanyak 10.397 jemaah Calon Haji dari 29 Kloter. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.