Dua Jam Satu Motor Trail Selesai Dirakit

image

KENDAL – Hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam saja, siswa SMK Harapan Mulya Brangsong Kendal mampu merakit sepeda motor jenis trail. Enam siswa mengerjakan motor trail ini secara manual dengan alat sederhana layaknya bengkel biasa. Namun kualitas dan perakitannya tidak kalah dengan perakitan yang menggunakan mesin.

SMK Harapan Mulya Brangsong Kendal  ini baru kali pertama diajarkan merakit sepeda motor jenis trail.  Perakitan sepeda motor ini mulai dari merakit mesin, rangka hingga menjadi sepeda motor yang siap dikendarai.

Menurut Kepala Jurusan Tehnik Sepeda Motor, Agus Puryanto mengatakan bahwa merakit motor ini dilakukan oleh siswa kelas 10, sekaligus pembekalan kemampuan untuk tahapan selanjutnya.

“Kami sudah membekali siswa dengan pengetahuan teori dan ilmu praktek. Sehingga saat dilakukan praktek seperti ini, siswa sudah siap,” katanya saat melihat siswa kelas X dan XI merakit motor trail di bengkel kerja Selasa (03/05) siang.

Pemilihan motor jenis trail, menurutnya karena untuk saat ini sedang digandrungi anak muda, yakni  trabas.

“Memang motor trail lagi ngetren, jadi kami menggunakan media motor trail sebagai praktek merakit motor kali ini,” imbuh Agus.

Harapannya, siswa SMK Harapan Mulya dapat berwirausaha secara mandiri, atau siap menghadapi dunia kerja.

“Makanya, merakit motor kali ini dilakukan secara manual dan cepat,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMK Harapan Mulya, Achamd Muhajirin menambahkan prestasi siswa jurusan tehnik sepeda motor cukup bagus. 2013 lalu, siswa sekolah ini meraih juara dua dan empat dalam kontes skil di Yogyakarta.

“Ke depan, kami berharap sekolah dapat lebih maju seiring perkembangan kemampuan siswa,” papar dia.

Sementara, Sutriyono kelas 10 SMK Harapan Mulya mengaku tidak ada kesulitan dalam merakit motor trail. Hanya saja membutuhkan kecermatan dalam memasang bagian kelistrikan.

“Hanya bagian kelistrikan yang butuh ekstra cermat. Kalau salah pasang bisa jadi ada bagian yang mati atau bermasalah. Untuk latiah merakit hanya dilakukan dua kali, tapi langsung bisa,” ujarnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

10 + = 19

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.