DPU Klaim Seluruh Jalan Sudah Diperbaiki Untuk Mudik

Saat ini proyek yang masih dilakukan hanya kegiatan pelebaran Jalan Sumbing di Kelurahan/Kecamatan Gajahmungkur.

SEMARANG – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang mengklaim telah melakukan perbaikan jalan-jalan protokol untuk persiapan menghadapi Lebaran Idhul Fitri 1440 H.

kemacetan arteri yos sudarso
Ilustrasi. Lalu lintas Jalan Arteri Yos Sudarso macet karena perbaikan. Foto: dok metrosemarang.com

‘’Setiap hari kami terus melakukan pengecekan jalan. Terutama jalan-jalan protokol telah rampung kami lakukan perbaikan menjelang Lebaran,’’ kata Kepala DPU Kota Semarang, Iswar Aminnudin, Rabu (22/5/2019).

Ia menyebutkan, saat ini proyek yang masih dilakukan hanya kegiatan pelebaran Jalan Sumbing di Kelurahan/Kecamatan Gajahmungkur. Jalur ini disebutkan kerap menjadi jalan alternatif warga dari arah kota menuju Sampangan dan Gunungpati.

Tapi perbaikan jalan tersebut dia mengaku optmis juga akan selesai sebelum Lebaran. ‘‘Kalau masyarakat melihat masih ada jalan rusak dilaporkan saja, kami akan segera lakukan perbaikan,’’ tegas Iswar.

Dia mengakui jalan nasional masih ada yang rusak dan perlu diperbaiki seperti Jalan Kaligawe. Terkait hal ini, pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat untuk segera bisa diperbaiki.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Semarang diminta harus memastikan kegiatan mudik Lebaran Hari Raya 1440 Hijriah berjalan dengan lancar. Karena itu berbagai persiapan yang dibutuhkan harus dilakukan. Salah satunya kesiapan infrastruktur jalan yang akan digunakan pemudik maupun aktifitas warga saat Lebaran.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono mengatakan, Pemkot terutama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) harus segera melakukan inpeksi mendadak atau sidak lapangan. Jalan-jalan yang berlubang harus segera dilakukan penambalan.

‘’Jika memang diperlukan, jalan-jalan yang berlubang harus segera dilakukan penambalan. Supaya kelancaran dari pemudik maupun kegiatan Lebaran bisa dijamin berjalan dengan lancar,’’ katanya.

Dinas Pekerjaan Umum juga diminta segera melakukan pendataan jalan-jalan alternatif. Seluruh jalan alternatif yang akan dilewati pemudik harus dipastikan aman. Jalan-jalan yang tidak layak dilalui oleh kendaraan, harus segera dilakukan perbaikan.

‘’Ini kan sudah semakin mendekati Lebaran, maka harus melakukan sidak sesegera mungkin. Jika memang diperlukan jalan-jalan yang berlubang segera dilakukan penambalan. Supaya kelancaran dari pemudaik maupun kegiatan Lebaran bisaeebrjalan dengan lancar,’’ tegasnya. (duh)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.