DPRD Kota Semarang Siap Dukung Program Sekolah Swasta Gratis

Pertimbangan anak tidak bersekolah di negeri juga karena zonasi.

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang berencana memberikan biaya pendidikan gratis bagi anak-anak yang mengenyam pendidikan di sekolah swasta. Pencanangan program pendidikan gratis ini didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Ilustrasi

Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman mengatakan, siap mendukung penuh dengan memberikan kebijakan anggaran untuk terlaksananya program tersebut. Anak-anak di Kota Semarang memang seharusnya sama-sama merasakan pendidikan gratis.

‘’Kami selaku yang memberi kebijakan anggaran akan memberikan dukungan atas program yang dicanangkan Pemkot Semarang tersebut, supaya mereka (anak-anak di sekolah swasta, red) merasakan hal yang sama,” katanya, Senin (18/11/2019).

Menurut pria yang sapa Pilus, anak yang bersekolah di swasta bukan pasti disebabkan lantaran tidak mampu bersaing masuk di sekolah negeri. Karena saat ini, banyak faktor yang menjadi pertimbangan masyarakat sehingga memilih sekolah swasta, di antarnya kebijakan pusat terkait zonasi.

“Pertimbangan anak tidak bersekolah di negeri juga karena zonasi. Mereka ada di luar zona. Kemudian saat ikut tes kebetulan belum berkesempatan, akhirnya mereka lari ke swasta,” ujar politisi dari PDI Perjuangan ini.

Pilus menambahkan, saat ini besaran anggaran untuk program anak-anak di sekolah swasta gratis memang masih dibahas Dewan bersama dengan Pemkot. Namun dia memastikan, bahwa akan mendukung berapapun anggaran yang diajukan Dinas Pendidikan (Disdik) kepada Dewan untuk program sekolah gratis baik di TK, SD, maupun SMP.

‘’Disdik yang jelas harus memiliki kriteria yang jelas sekolah mana saja yang akan menerima program ini. Karena mungkin tidak semua sekolah swasta bersedia menggratiskan sekolahnya,’’ tegasnya. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.