DPRD Jateng Usul Bangun Embung Atasi Kekeringan

Embung bisa dimanfaatkan untuk menampung air hujan bila musim penghujan telah tiba.

SEMARANG- DPRD Jawa Tengah mengusulkan pembuatan embung untuk mengatasi bencana kekeringan panjang yang muncul di Jateng.

Ilustrasi kekeringan. Foto pixabay.com

Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengungkapkan bila anggaran yang cukup besar dari pemprov sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membangun banyak embung.

“Kami jauh-jauh hari sudah mengantisipasi untuk masalah itu walau belum semuanya berhasil. Kita ada anggaran cukup besar. Terutama saat kekeringan seperti saat ini. Kita akan lakukan pembangunan embung-embung cukup banyak di beberapa daerah,” kata Rukma, Selasa (14/8/2018).

Untuk saat ini, pembuatan embung sebenarnya sudah terencana dengan baik. Akan tetapi, jumlahnya masih kurang.

Rukma meminta kepada pemprov agar usulan itu segera direalisasikan supaya bisa menolong rakyat di daerah kekeringan.

Rukma mengungkapkan embung bisa dimanfaatkan untuk menampung air hujan bila musim penghujan telah tiba.

Kemudian air pada penampungan embung juga bisa dipergunakan untuk menanggulangi musim kemarau yang berkepanjangan.

Selain itu, tambahnya, keberadaan embung menjadi alternatif ketika instalasi air bersih dari PDAM belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Upaya lainnya, ia juga menyarankan kepada para pemangku wilayah di daerah rawan kekeringan supaya membangun sumur-sumur resapan dalam.

“Ketika satunya dipakai untuk mengambil air. Satunya lagi buat menampung air yang terpakai. Sehingga satunya dapat dimanfaatkan untuk resapan tanah. Supaya tidak ada ceruk kosong yang membuat level tanah menjadi menurun,” ungkapnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.