Dosen USM Sosialisasikan Data Kematian Berbasis Web

Zaman keterbukaan dan transparasi diperlukan terobosan teknologi untuk membantu kebutuhan masyarakat.

SEMARANG – Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat membangun dan mensosialisasikan Sistem Informasi (Website) Data Kematian untuk Warga di Wilayah Kelurahan Beji, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang pada Sabtu (27/7/2019) lalu di Gedung Serbaguna RT 03/RW 12 Beji, Ungaran Timur. Sosialisasi dihadiri sekitar 50 perwakilan warga yang merupakan Ketua RT dan Ketua RW setempat agar nantinya dapat disebarkan kepada seluruh warga Kelurahan Beji.

Tim pengabdian kepada masyarakat FTIK USM mensosialisasikan Sistem Informasi (Website) Data Kematian untuk Warga di Wilayah Kelurahan Beji, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang pada Sabtu, (27/7/2019) di Gedung Serbaguna RT 03/RW 12 Beji, Ungaran Timur. Foto: dokumentasi

Tim pengabdian kepada masyarakat FTIK USM ini beranggotakan tiga dosen, yaitu Febrian Wahyu Christanto, Sri Handayani dan Victor Gayuh Utomo. Sosialisasi yang diadakan berisi tentang penggunaan Sistem Informasi Data Kematian Warga dan cara akses informasi data warga hidup, data warga meninggal, data iuran warga, dan berita.

Dijelaskan, inisiasi dari Website Data Kematian Warga dan kegiatan sosialisasi ini adalah merupakan hasil kerjasama FTIK USM dan Pawarti Paguyuban Warga Kematian Puri Sela Buana (PSB), yaitu suatu organisasi sosial yang bertugas melayani warga berduka, memberikan santunan kepada warga berduka, mengelola tempat pemakaman warga, mengelola data kematian warga, dan mengelola iuran kematian warga di wilayah Kelurahan Beji, Ungaran Timur.

“Di zaman yang membutuhkan keterbukaan dan transparasi ini, perlu sekali suatu terobosan teknologi untuk membantu. Website ini merupakan solusi yang paling efektif untuk pelaporan kepada warga masyarakat dikarenakan jumlah anggota kami di Pawarti PSB lebih dari 4.000 warga dan akan selalu bertambah,” papar Ketua Pawarti PSB, Pribadiono.

Senada, pembicara dalam kegiatan sosialisasi, Victor Gayuh Utomo mengatakan teknologi internet sudah bukan hal yang mahal, bahkan sudah menjadi kebutuhan di masyarakat. Teknologi website yang diterapkan untuk mengelola data kematian warga ini mudah diterima masyarakat.

Humas FTIK USM, Febrian Wahyu Christanto menegaskan USM siap membantu warga Jawa Tengah dan di manapun untuk kebutuhan akan teknologi praktis. Dia berharap kerjasama yang terjalin dengan Pawarti PSB Kelurahan Beji Ungaran ini akan tercipta kerjasama-kerjasama lain dengan daerah-daerah lain. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.