Dol Kopi Coffee Ramaikan Bisnis Kafe di Kota Lama Semarang

Dol Kopi Coffee Shop menawarkan berbagai menu minuman kopi dengan konsep Semarangan di Kota Lama Semarang. Foto : metrojateng.com/anggun.

SEMARANG – Kawasan Kota Lama Semarang kini menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Mereka datang tidak hanya untuk mengagumi keindahan bangunan tua yang dibangun pada zaman Belanda, tapi juga sambil berfoto di kawasan tersebut.

Tak cukup begitu saja, keberadaan Kota Lama juga memicu pertumbuhan bisnis baru seperti rumah makan dan kafe. Alih-alih setelah berjalan-jalan menyusuri lorong-lorong di jalanan Kota Lama, wisatawan bisa singgah di kafe, salah satunya Dol Kopi Coffee di Jalan Cendrawasih No 48 Semarang.

Meski beroperasional di salah satu gedung tua, namun suasana dan menu-menu khususnya kopi yang ditawarkan khas Semarangan.

Barista Dol Kopi Coffee, Moh Yusuf mengatakan, konsep Semarangan diangkat agar pengunjung merasakan suasana sebenarnya berada di Kota Semarang, meski lokasi di Kota Lama yang memiliki gedung-gedung berarsitektur Eropa.

“Ciri khas Semarang ini kami tampilkan pada desain logo coffee shop yang bergambar kepala memakai blangkon, tagline #EnakNdes, serta quotes yang juga menggunakan bahasa Semarangan,” katanya.

Khusus menu kopi, di kafe Dol Kopi juga menyajikan minuman berbahan biji kopi dari seluruh Indonesia. Misalnya, Kopi Thole adalah kopi susu dengan gula aren, Kopi Koplo adalah kopi dengan cokelat, Kopi Pandan dan lainnya. Harga yang ditawarkan pun relatif murah dan pas untuk kantong pelajar atau mahasiswa.

Mahasiswa Semester 5 Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Nanda Oktavia (20) mengatakan, dirinya sering sekali singgah ke Dol Kopi. Tidak hanya nongkrong atau mengerjakan tugas kuliah, tapi juga saat berkegiatan sebagai sukarelawan di Kota Lama.

“Tempatnya nyaman, musiknya tidak terlalu berisik, internet lancar, dan pastinya harga makanan atau minuman di sini paling ramah di kantong mahasiswa dibandingkan kafe-kafe di sekitar Kota Lama,” katanya. (anggun)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.