Disporapar Jateng Targetkan 50.000 Wisatawan Kunjungi Festival Kota Lama 2018

Kegiatan ini sudah sejalan dengan tujuan membuat kawasan Kota Lama menjadi destinasi wisata internasional.

SEMARANG- Penyelenggaraan Festival Kota Lama 2018 tetap berjalan meski kawasan tengah dalam tahap revitalisasi. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah menargetkan 50.000 pengunjung dapat hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan 20-23 September 2018.

Bangunan Cagar Budaya
Kota Lama Semarang. Belum semua bangunan cagar budaya memiliki SK Wali Kota. Foto: dok metrosemarang.com

Kabid Pemasaran Disporapar Jateng, Alamsyah mengatakan, Festival Kota Lama rutin terselenggara dan sudah memasuki tahun ketujuh.

“Setiap tahunnya kegiatan ini selalu menarik wisatawan dan pengunjung tidak hanya dari Semarang, tapi juga luar kota, bahkan luar negeri,” ungkapnya di sela persiapan Festival Kota Lama, Kamis (20/9/2018).

Kondisi itu karena kegiatan ini mengundang sejumlah kalangan terutama mereka yang bernostalgia dengan suasana Semarang kuno.

“Karena animo yang tinggi dan positif dari masyarakat pada festival ini, kami mengusulkan agar menjadi agenda nasional ke Kementerian Pariwisata,” katanya.

Ketua Penyelenggara Festival Kota Lama 2018, Liliana Tedjosaputra mengatakan, tema yang tonjolkan pada tahun ini yakni ‘Beda Masa Satu Rasa’ itu. Ia menambahkan, kegiatan ini sudah sejalan dengan tujuan pemerintah setempat membuat kawasan Kota Lama menjadi destinasi wisata internasional sebagai Netherland van Java.

“Apalagi saat ini Kota Lama sudah masuk dalam tentative list UNESCO sebagai world heritage city,” tuturnya.

Pada Festival Kota Lama 2018 ini akan diramaikan dengan berbagai pertunjukan seperti kesenian daerah hingga macam-macam kuliner. Untuk periode ini, rencananya juga akan berdiri panggung musik jazz, fashion show batik, pameran mobil antik, juga kuliner legendaris.

Acara digelar di beberapa lokasi di antaranya di sekitar Jalan Cendrawasih sebagai lokasi panggung acara kesenian dan Jalan Raden Patah untuk tempat Pasar Sentiling.

“Di Pasar Sentiling nanti pengunjung bisa menikmati sebanyak 30 kuliner legendaris Semarang macam lunpia, roti ganjel rel, dan lain sebagainya,” kata Ketua II Penyelenggara Festival Kota Lama 2018, Didiek Hardiana Prasetyo.

Dia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Semarang untuk kemudahan akses bagi pengunjung agar tak merasa terganggu proyek perbaikan saluran drainase. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.