Dispendukcapil Kendal Musnahkan 10.219 Keping KTP

Bupati berharap dengan pemusnahan ini warga tertib administrasi dan mempunyai satu identitas resmi.

KENDAL – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal memusnahkan 10.219 keping KTP Elektronik yang rusak dan invalid. Pemusnahan dilakukan dengan cara membakar e-KTP dan melubangi serta memotong menggunakan alat pelubang.

Pemusnahan KTP di Kendal, Rabu (19/12/2018). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Pemusnahan ini dilaksanakan di halaman kantor Dispendukcapil Kendal dan disaksikan Bupati Kendal Mirna Annisa, Rabu (19/12/2018) siang. Pemusnahaan 10.219 keping terdiri dari KTP elektronik rusak dan KTP non elektronik.

Bupati Mirna Annisa mengapresiasi pemusnahan ini karena sebagai upaya penertiban agar warga tidak memiliki KTP ganda atau penyalahgunaan KTP. “Ini langkah yang bagus untuk penertiban dan tertib administrasi,” katanya.

Satu persatu KTP elektronik yang rusak dan invalid dibakar di dalam tong. Pemusnahan juga disaksikan kepolisian, Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum dan bagian arsip daerah.

Sementara itu Kepala Dispendukcapil Kendal, Bambang Dwijono mengatakan  jumlah KTP yang dimusnahkan sebanyak 10.219 keping terdiri dari 1.435 KTP non elektronik sisanya KTP elektronik yang salah cetak dan rusak.

“KTP elektronik yang dimusnahkan periode tahun 2011-2013. Sesuai dengan edaran Mendagri agar dilakukan pemusnahan serta mengantisipasi penyalahgunaan,” jelas Bambang.

Bambang menambahkan warga Kendal yang belum melakukan perekaman sekitar tiga ribuan, sedangkan yang masih menggunakan surat keterangan mencapai 15 ribu warga sementara yang belum tercetak 29 ribu. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.