Disnaker Bakal Cabut Izin Operasional Perusahaan yang Tak Bayar THR

SEMARANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah bakal menjatuhkan sanksi bagi perusahaan yang tak membayarkan uang tunjangan hari raya.

Wika Bintang
Foto: dok metrosemarang.com

Kepala Disnakertrans Jateng, Wika Bintang mengatakan akan memantau langsung penyaluran THR kepada perusahaan-perusahaan yang ada di wilayahnya.

Pembayaran THR, kata Wika, harus diberikan kepada pekerja minimal sudah bekerja sebulan, atau bila belum maka sifatnya memberikan tali asih. “Hitungannya 1/12 dikalikan gajinya,” kata Wika, Jumat (11/5).

Bila ada perusahaan telat memberikan THR maksimal H -7 Lebaran, maka pihaknya akan menjatuhkan denda 5 persen. “Denda tersebut nantinya akan dikelola para pekerja seperti koperasi,” cetusnya.

Kemudian bila hingga Hari Raya Idul Fitri pengusaha tetap tidak memberikan THR, Pemerintah Provinsi tidak segan-segan akan menjatuhkan sanksi paling berat adalah mencabut izin usahanya.

“Kalau sampai lebaran juga tidak membayar, pemerintah menjatuhkan sanksi tegas, yaitu administrasi, mau izin usaha juga tidak bisa,” ujar Wika. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 9 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.