Dishub Siapkan Rest Area untuk Sopir Truk Pantura

SEMARANG – Dinas Perhubungan Jawa Tengah sedang menyiapkan kantong-kantong rest area sebagai tempat istirahat para sopir truk barang yang beroperasi selama Bulan Ramadan sampai arus mudik Lebaran 1439 Hijriyah.

Ilustrasi
Foto: metrojateng.com/dok

Kepala Dishub Jawa Tengah, Satriyo Hidayat mengatakan, pihaknya sedang berupaya ekstra keras dalam menyiapkan rest area di setiap titik ruas jalur Pantura.

“Personel kami juga sudah disiagakan untuk menjaga kantong parkir angkutan barang di ruas Solo-Semarang dan Pantura,” kata Satriyo, Minggu (20/5).

Pembuatan rest area, ujarnya bisa dimanfaatkan untuk tempat istirahat para sopir truk. Pasalnya, sesuai hasil rapat koordinasi dengan para pengusaha angkutan barang di Kemenhub, ia memaparkan bahwa penyediaan tempat istirahat diperlukan supaya sopir truk tidak kelelahan dalam perjalanan antar kota antar propinsi maupun dalam propinsi.

“Kami juga masih mencari bahu jalan ruas Solo-Semarang yang bisa dipakai untuk rest area. Karena selama ini tidak ada bahu jalan yang kosong. Ini persoalan yang harus dipecahkan bersama-sama,” akunya.

Ia juga memastikan angkutan barang dilarang beroperasi mulai H-3 sampai H+3 Lebaran.

Sebagai persiapan arus mudik, pihaknya menyediakan 1.500 armada bus hasil gabungan dari Kemenhub, perusahaan swasta dan BUMN untuk memfasilitasi pekerja agar dapat pulang kampung dari Jakarta ke Jawa Tengah.

“Kemudian 50 bus lainnya disediakan pula oleh Jasa Raharja untuk pemudik dari Semarang menuju Bandung dan Surabaya,” terajgnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

19 − = 13

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.