Dishub Jateng Minta Kemenhub Sediakan Parkir Truk Selama Lebaran

SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah sedang bernegosiasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menyediakan kantong parkir khusus truk yang melintas di jalur mudik. Kepala Dishub Jawa Tengah, Satriyo Hidayat menyatakan selama ini banyak ruas jalan raya yang tidak mempunyai bahu jalan yang besar.

truk lebaran
Foto: ilustrasi

Ia mengaku telah bertemu Menteri Budi Karya Sumardi untuk memohon penyediaan kantong parkir. Apalagi, sejak dari H-7 hingga H+7 truk dilarang beroperasi. Tapi menurunkan edaran H-3 hingga H-1 dan H+5 hingga H+7 dilarang lagi.

“Itupun hanya di tol. Jadi pekerjaan kami jadi bertambah, teruatama temen-temen kepolisian, nanti akan kita bantu dilapangan,” ungkapnya, Rabu (6/6).

Ia mengatakan Kemenhub ternyata menyebar surat edaran larangan operasional truk tidak sesuai waktu padatnya para pemudik. Ketersediaan kantong parkir truk tidak ada di ruas Jalan Semarang-Solo. Yang ada cuma lahan parkir di restoran.

“Kalau ada macet truk dipinggirkan kemana. Kami waktu itu minta semarang-solo dilarang,” ujar Satriyo. Dia berharap, ada bantuan dari Kemenhub, untuk mencari solusi kantong parkir saat arus mudik nanti.

“Kami akhirnya tidak menyediakan kantong parkir untuk truk. Kemungkinan kalau terjadi kemacetan ya dipinggirkan aja kalau bisa. Semaksimal mungkin kendaraan pribadi masuk ke tol. Enggak mampu lagi kita mengatur jalan nasional dan provinsi,” bebernya. Ia akan menyiasati dengan kebijakan atau aturan supaya truk dapat dilaran beroperasi saat padatnya arus mudik. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.