Dishub Jateng Fokus Reaktivasi Jalur KA Semarang-Yogyakarta

Tahap konstruksi dimungkinkan pada tahun 2023 baru dikerjakan.

SEMARANG- Dinas Perhubungan Jawa Tengah terus mematangkan proyek pembukaan jalur kereta api yang menghubungkan Semarang-Yogyakarta.

Kereta Kaligung mogok di perlintasan Sekopek Kendal, Selasa (25/9/2018). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kepala Bidang Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dishub Jawa Tengah, Henggar Budi Hanggoro mengatakan, fokus saat ini pada penyambungan jalur Ambarawa-Magelang
sepanjang 121 kilometer, terdiri atas 102 kilometer di Yogyakarta dan sisanya jalur di Ambarawa.

“Jalurnya dimulai dari Kedungjati, Grobogan hingga Ambarawa, Kabupaten Semarang sudah tuntas. Menyisakan sedikit pekerjaan di Kedungjati-Tuntang. Ada kendala sedikit pada salah satu kampung terdampak,” katanya, Kamis (6/12/2018).

Dishub Jateng, katanya, juga berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk meneruskan reaktivasi jalur lama itu terkait dengan dokumen detail engineering design (DED).

“Jika DED sudah ada, kami akan menyusun analisa dampak lingkingan dan pengujian tahap awal. Kemudian dilakukan penyusunan dokumen pengadaan tanah,” ujarnya.

Terkait pengadaan tanah, pihaknya bakal berkoordinasi dengan wali kota dan bupati di jalur yang akan terlintasi, karena sudah masuk ke dalam dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Tengah. Tahap konstruksi, kata dia, dimungkinkan pada tahun 2023 baru dikerjakan. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.