Diselidik Soal Penyelewengan Dana Hibah, Sekretaris KONI Aku Tidak Tahu

image

PEKALONGAN – Kejari Pekalongan mulai melakukan pemeriksaan terkait dugaan penyimpangan dana hibah KONI berasal dari APBD Kota Pekalongan tahun 2014.Belum diketahui secara pasti berapa kerugian negara, namun dana hibah untuk kebutuhan olah raga tersebut diperkirakan mencapai Rp 1,8 miliar.

Pihak KONI Kota Pekalongan akan bersikap kooperatif terkait adanya dugaan dugaan penyelewengan dana hibah yang terendus Kejari Pekalongan.
Hal itu dikatakan Sekretaris KONI Kota Pekalongan Bambang Sumitro, belum lama ini. Menurut Bambang, pihaknya siap memberi keterangan yang dibutuhkan. “Apa yang dibutuhkan oleh kejaksaan, saya siap. Saya akan selalu proaktif,” ungkapnya.

Terkait adanya dugaan penyelewengan dana hibah itu, Bambang mengaku, dana tersebut sedianya digunakan untuk menunjang prestasi olah raga.

“Secara umum (dana tersebut) ya untuk menunjang prestasi olah raga. Yang mengetahui itu ketua dan bendahara. Saya tidak tahu menahu, saya hanya kesekretariatan saja, ” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Pekalongan, Budi S, mengatakan, pihaknya tidak menargetkan kapan kasus tersebut bisa segera ditangani. “Kami tidak menargetkan kapan harus selesai. Ya, kami berusaha secepatnya,” kata dia.

Sementara ini, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah cabang olah raga (cabor) yang berada di bawah naungan KONI Kota Pekalongan.

Dari sekitar 30 cabor, yang sudah diperiksa ada 13 cabor. “Rata-rata kooperatif. Namun ada juga yang kami panggil namun belum datang,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pengurus dan pegawai Pemkot Pekalongan. “Pengurus (KONI) ada yang sudah kami periksa, dari pemkot juga ada yang sudah kami periksa,” terangnya tanpa membeberkan nama.

Dugaan penyimpangan itu meretas dari tidak sesuainya dana hibah yang turun dengan proposal. Meski begitu, Budi mengatakan, pihaknya belum bisa mengambil kesimpulan dari kasus tersebut. “Kesimpulannya belum, karena ini masih dalam proses awal. Pemeriksaan, penyelidikan,” ujarnya. (MJ-21)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

22 + = 29

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.