Disediakan 360 Kasur di RSJ, Antisipasi Banyak Caleg Depresi

Para caleg kontestan Pemilu 2019 yang merasa butuh terapi kejiwaan, disediakan dokter spesialis.

SEMARANG – Pengelola Rumah Sakit Jiwa Amino Gondohutomo Semarang, menyediakan layanan BPJS untuk mempermudah pengobatan maupun terapi bagi para pasiennya yang mengalami depresi skala ringan hingga berat.

RSJ Amino Gondohutomo

Wakil Direktur Pelayanan Medis RSJ Amino Gondohutomo, Erlina Rumantir, mengungkapkan penyediaan layanan BPJS itu bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan terapi psikologi akibat terkena gangguan mental.

“Tidak cuma bagi masyarakat umum saja, para caleg kontestan Pemilu 2019 yang merasa butuh terapi kejiwaan, juga akan kami layani. Bisa memakai BPJS atau pembayaran tunai,” kata Erlina, ketika dikontak metrojateng.com, Kamis (4/4/2019).

Ia menyatakan pemberian layanan medis akan dimulai dari IGD terlebih dulu. Ia mengaku jika lewat layanan reguler, setiap pasien wajib membayar ongkos pengobatan Rp 100 ribu. Biaya itu diluar ongkos konsultasi yang diberikan oleh psikiater RSJ.

Lebih jauh, ia menjelaskan saat ini pihaknya telah mengerahkan delapan psikiater dan dokter kejiwaan untuk melayani terapi psikis yang dialami para pasien.

“Ada delapan dokter spesialis kejiwaan yang bekerja full di rumah sakit kami. Tapi untuk Pemilu nanti, kami tidak melakukan persiapan khusus buat pengobatan caleg yang mengalami gangguan mental. Silahkan, kalau mereka mau datang kemari, kita layani sebaik mungkin. Kalau yang mengalami depresi ringan, bisa dengan rawat jalan sesuai diagnosanya,” katanya.

Kemudian, terangnya bagi yang mengalami depresi berat rumah sakitnya selama ini memiliki 360 tempat tidur. Ratusan tempat tidur itu disediakan di berbagai bangsal.

“Kasur-kasur yang ada selama ini, kita manfaatkan untuk melayani pengobatan pasien dengan gangguan jiwa stadium berat. Ya kalau habis Pemilu ada yang ingin mendapat perawatan dari kami, bisa memanfaatkan tempat tidur di masing-masing bangsal,” tukasnya. (far)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.