Dinilai Lebih Murah, Asperindo Dukung Maskapai Luar Negeri Beroperasi di Tanah Air

Pengusaha dapat memangkas biaya pengiriman dikarenakan harga yang kompetitif.

SEMARANG – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Express, Pos dan Logistik (Asperindo) Jawa Tengah berharap maskapai luar negeri segera meramaikan industri penerbangan di tanah air. Dengan demikian, pengusaha dapat memangkas biaya pengiriman dikarenakan harga yang kompetitif.

Petugas memberikan isyarat kepada saat pesawat menuju di area parkir bandara International Adi Soemarno, Solo. Foto: metrojateng.com

Ketua Asperindo Jateng, Tony Winarno mengungkapkan, industri penerbangan di Indonesia saat ini sudah dikuasai kartel maskapai dalam negeri. Surat Muatan Udara saat ini naik hingga dua kali lipat dari harga sebelumnya.

“Sebagai contoh, pengiriman dari Jateng ke Medan saat ini kita sudah tidak menggunakan Garuda atau Lion. Kami lebih memilih Air Asia yang terbang dari Yogyakarta selisih tarif SMU hingga 42 persen,” papar Tony, Senin (8/7/2019).

Dia menambahkan, 40 persen kiriman ekspress dari Jateng tujuannya Jabodetabek, via trucking tol hitungan jam sampai. Sedangkan untuk luar pulau yang didominasi ke Medan, pihaknya menggunakan Air Asia.

Ia menambahkan di luar pulau, DPD Asperindo lain bahkan ada yang sudah menyewa pesawat kargo sendiri. Hanya saja saat ini memang belum melayani di wilayah Jateng. (ade)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.