Dinas Pendidikan Haruskan Guru Terus Berinovasi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri

SEMARANG – Dinas Pendidikan Kota Semarang meminta para guru harus terus melakukan inovasi dalam melaksanakan tugasnya. Inovasi tersebut sejalan dengan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang ingin memerdekakan dunia pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptigiri SH MH mengatakan, program Kemendikbud yang ingin memerdekakan dunia pendidikan itu mengandung konsekuensi akan banyak urusan pendidikan yang diserahkan ke pemerintah daerah atau sekolah.

‘’Tentu saja kebijakan ini ada senangnya dan tidak senangnya. Namun karena sudah menjadi kebijakan tentu kita harus siap melaksanakan. Makanya kami selalu mendorong para guru untuk terus meningkatkan kompetensi,’’ tegas Gunawan Saptogiri, Senin (13/1/2020).

Menurutnya, tentu saja akan menyulitkan jika para guru tidak meningkatkan kompetensi dan melakukan inovasi. Karena itu, Gunawan mengatakan Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pendidikan Kota Semarang mendukung para guru dalam upaya meningkatkan kompetensi dan melakukan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Tahun 2020 ini, pihaknya akan memilih satu sekolah dasar dan sekolah menengah menjadi smart school yang dalam proses belajar mengajarnya memanfaatkan informasi teknologi.

‘’Kita akan menerapkan bantuan operasional sekolah (BOS) yang berbasis afirmatif dan kinerja, yang proses pembelajarannya menggunakan informasi teknologi,’’ katanya.

Gunawan Saptogiri menambahkan sebenarnya proses pembalajaran menggunakan teknologi informasi ini sudah dirintis beberapa waktu lalu khususnya untuk SD kelas 6 dan kelas 7. Namun dengan kebijakan Mendikbud sekarang, kebijakan itu akan diterapkan di semua kelas. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.