Dikecewakan Nasmoco, Pelanggan Minta Ganti Rugi “Diecast”

Agus melayangkan gugatan kepada Nasmoco sebesar Rp 37,8 juta dan imateriil senilai Rp 1 miliar.

SEMARANG – Agus Budiono, seorang warga Semarang melayangkan gugatan kepada pengelola diler Nasmoco Cabang Majapahit lantaran dianggap telah menipunya saat membeli mobil HiAce di tempat itu pada 24 Maret silam.

Dua kuasa hukum Agus Budiono saat menunjukkan bukti dugaan penipuan yang dilakukan Nasmoco Majapahit. Foto: metrojateng.com/fariz fardianto

Semula ia membeli seharga Rp 489 juta. Saat itu ia sempat membayar uang muka Rp 5 juta. “Saya curiganya saat menyervis ke bengkel Nasmoco Siliwangi dikasih tahu sama mekaniknya kalau Toyota HiAce yang saya beli itu sudah pernah diservis,” tuturnya, saat bertemu wartawan, Jumat (26/10/2018).

“Lho kan saya jadi kaget. Lalu saya minta data edometernya ternyata benar sudah menunjukan angka 321 kilometer. Ternyata yang dikasih ke saya mobil bekas,” tambahnya.

Agus mengaku semula tidak menyangka justru mendapat mobil bekas. Pasalnya setahunya Nasmoco hanya menjual mobil seri terbaru.

BACA JUGA: Digugat Pelanggannya, Ini Tanggapan Nasmoco

Ia pun kecewa mendapati kejadian tersebut. Padahal Toyota HiAce itu akan dipakai sebagai mobil rental. Diakuinya pula bila mendapat mobil jenis itu belakangan ini gampang-gampang susah. Banyak diler kehabisan stok. “Maka saya belinya di Nasmoco Majapahit,” akunya.

Melalui tim kuasa hukumnya, Agus melayangkan gugatan kepada Nasmoco sebesar Rp 37,8 juta dan imateriil senilai Rp 1 miliar.

Agusman, salah satu kuasa hukumnya mengaku telah memasukkan gugatan kliennya ke PN Krapyak dengan nomor registrasi perkaranya 480/pdt g/2018/PN SMG.

“Kami pada hari ini mengajukan gugatan terhadap Nasmoco Majapahit karena klien kami mengalami kerugian. Dimana ketika membeli mobil baru, yang terjadi malah yang diterima berupa mobil bekas,” katanya.

Bukti penipuannya, menurut Agusman mulai hasil pernyataan petugas mekanik bengkel Nasmoco Siliwangi bahwa mobil pesanan kliennya sudah pernah diservis. Petugas mekanik itu juga menunjukan data odometernya

Selain itu, lanjutnya, ia juga menuntut dealer resmi Toyota Astra tersebut untuk memberikan mobil yang baru sesuai nota pembelian.

Namun, ada satu permintaan lagi dari kliennya supaya Nasmoco memberikan ganti rugi berupa pembuatan sebuah miniatur mobil (diecast) tipe HiAce berukuran skala 1:10 dengan bentuk yang detail. Termasuk bodi full metal detail interior, seri original dan disertai emblem tulisan ‘Permohonan Maaf Nasmoco dan Toyota Astra Motor kepada Bapak Agus Budiono’.

“Nasmoco pun harus membayar uang paksa Rp 1 juta per harinya atas keterlambatannya sebagai tergugat daam memberikan mobil baru,” bebernya.

Soal permintaan ganti rugi berupa sebuah diecast, Agusman menyebut hal itu untuk memberikan kesan psikologis kepada Nasmoco yang selama ini menyepelekan kliennya.

“Sebab, kami kecewa dan malu kenapa saat membeli mobil baru malah dikasih yang bekas. Jika nantinya kasus ini buntu, maka akan diajukan pidana. Kejadian itu menunjukkan Nasmoco tidak serius melayani konsumennya,” tegasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.