Digulung Persebaya, PSIS Ukir Rekor Baru

Skor 0-4 menjadi kekalahan kandang terbesar yang pernah dialami Mahesa Jenar sejak 2008.

MAGELANG – PSIS Semarang kalah telak 0-4 saat menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (20/9/2019). Hasil tersebut menjadi rekor kekalahan kandang terbesar yang pernah dialami pasukan Mahesa Jenar.

PSIS versus Persebaya berakhir dengan kekalahan untuk tuan rumah. Foto: metrojateng.com

Laga pekan ke-19 Shopee Liga 1 2019 tersebut semula berstatus tanpa penonton. Namun saat pertandingan dimulai, ribuan suporter bisa merangsek masuk dan memadati tribun timur dan selatan stadion.

Persebaya sudah memimpin dua gol di babak pertama. Otavio Dutra berhasil mengoyak gawang tuan rumah melalui sundulan di menit 29, meneruskan umpan Diogo Campos. David da Silva menggandakan keunggulan Bajul Ijo di menit 45 usai menerima assist Campos.

Tim tamu menciptakan dua gol tambahan di babak kedua. Diogo Campos sukses memaksimalkan tendangan bebas di menit 49. Mantan bintang Kalteng Putra itu kembali mengkreasi gol keempat Persebaya di menit 65 yang diukir Osvaldo Haay.

Kericuhan yang mewarnai laga PSIS vs Persebaya. Foto: metrojateng.com

Gol Osvaldo sempat membuat pertandingan terhenti karena sejumlah penonton masuk ke lapangan. PSIS tetap gagal mencetak gol setelah laga kembali dilanjutkan.

“Kami kalah segalanya. Tidak ada determinasi, koordinasi lini pertahanan tidak berjalan. Padahal dalam tiga pertandingan di kandang lawan malah bisa tampil bagus. Ini jadi pekerjaan rumah buat saya,” kata pelatih PSIS Bambang Nurdiansyah.

Tak cuma kalah, PSIS juga mengukir rekor baru. Skor 0-4 menjadi kekalahan kandang terbesar yang pernah dialami Mahesa Jenar sejak 2008. Sebelumnya Tim Ibukota Jateng juga pernah tiga kali tumbang dengan skor telak.

Pada 1 November 2008, PSIS dipermalukan Pelita Jaya dengan skor 0-3 di Stadion Jatidiri. Saat itu kompetisi masih bernama Indonesia Super League (ISL).

Kekalahan telak lainnya didapat dari Persija Jakarta, 20 April 2018. Menjamu Macan Kemayoran di Stadion Sultan Agung Bantul, Mahesa Jenar dipaksa menyerah dengan skor 1-4.

Musim ini PSIS juga sudah merasakan kekalahan kandang dengan kebobolan tiga gol kala menjamu Persipura Jayapura. Pada laga yang digelar 6 Agustus 2019 tersebut Mahesa Jenar dipermalukan 1-3.

Kekalahan dari Persebaya juga mencoreng rekor pribadi Bambang Nurdiansyah. “Ini jadi rekor kekalahan home terbesar sejak saya jadi pelatih. Apapun itu, ini tanggung jawab saya. Saya tetap respek atas perjuangan pemain,” tutur Banur, sapaan Bambang Nurdiansyah.

Hasil minor kontra Persebaya membuat Wallace Costa semakin dekat dengan zona degradasi. Saat ini PSIS yang baru mengemas 19 poin turun ke peringkat 13. Mereka hanya berselisih dua poin dengan Persija yang menghuni posisi 17. (twy)

Susunan Pemain

PSIS 4-3-3: Jandia Eka Putra–Safrudin Tahar, Rio Saputro, Wallace Costa, Frendi Saputra; Heru Setyawan, Finky Pasamba, Jonathan Cantillana; Septian David Maulana, Claudir Marini Jr, Hari Nur Yulianto

Persebaya 4-2-3-1: Miswar Saputra–Ruben Sanadi, Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, Abu Rizal Maulana; Rahmat Irianto, Aryn Glen Williams; Osvaldo Haay, Diogo Campos, Irfan Jaya; David da Silva

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.