Digempur Budaya Asing, Kesenian Ebeg Harus Dilestarikan

Jaga Kearifan Lokal

Peran pemerintah sebagai pelestari kesenian daerah harus diperkuat. Hal ini demi memberikan ruang bagi seniman lokal untuk manggung serta memberikan pelatihan bagi generasi muda.

BANYUMAS – Kesenian daerah khas Banyumas merupakan salah satu aset yang harus selalu dirawat dan dipertahankan. Terlebih, kesenian tersebut merupakan warisan nenek moyang yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Hal tersebut ditegaskan oleh Politisi Golkar Wirendra Tjakrawerdaja, usai menghadiri Festival Ebeg di Desa Kembaran, Kabupaten Banyumas, Minggu (24/2/2019).

ebeg banyumas
Politisi Golkar Wirendra Tjakrawerdaja saat berada di tengah seniman saat festival ebeg berlangsung di Banyumas. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

Ia menilai peran pemerintah sebagai pelestari kesenian daerah harus diperkuat. Hal ini demi memberikan ruang bagi seniman lokal untuk manggung serta memberikan pelatihan bagi generasi muda.

“Di sinilah kepedulian pemerintah sangat dibutuhkan. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberi ruang pertunjukan hingga menberikan pelatihan kesenian kepada generasi muda,” katanya.

Ia menjelaskan dengan serbuan budaya asing yang masuk ke Indonesia saat ini, seharusnya pemerintah berperan menjaga kearifan lokal. Itu, katanya juga jadi tugas bersama. Ia mengaku banyak pelaku kesenian daerah yang kondisinya di garis kemiskinan. Fokus partainya selama ini menyasar pemberdayaan masyarakat.

“Nanti harapannya setelah pemerintah sukses bersinergi dan memfasilitasi, pasti kesenian daerah bisa dikenal  ke luar daerah hingga ke mancanegara,” imbuhnya.

Festival Ebeg untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten Banyumas ke-448. Seniman-seniman Ebeg berkumpul menampilkan pertunjukan dihadapan ribuan orang yang hadir.

“Sebagai salah satu caleg generasi muda dari partai berlogo beringin, kami mendukung kearifan lokal Kabupaten Banyumas salah satunya adalah Kesenian Ebeg,” Arky Gilang Wahab, yang juga ikut nyaleg untuk Kabupaten Banyumas. (far)

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.