Dies Natalis ke-61, Rektor Undip Janji Perbaiki Peralatan Laboratorium

Dana besar sudah dialokasikan untuk memperbaharui peralatan laboratorium pendidikan dan laboratorium riset

SEMARANG – Rektor Universitas Diponegoro, Yos Johan Utama telah mencanangkan tahun ini sebagai tahun laboratorium. Wujud riilnya, ia berjanji bakal melakukan pembenahan secara menyeluruh pada peralatan laboratorium pendidikan dan riset yang ada di kampusnya.

Rektor Undip memberi beasiswa untuk calon mahasiswa dari jalur SNMPTN. Foto: istimewa

“Tahun 2018 ini kami canangkan sebagai tahun Laboratorium. Dimana kami mengalokasikan dana besar untuk memperbaharui peralatan laboratorium pendidikan dan laboratorium riset yang ada di Undip. Sehingga produk riset dan inovasi akan semakin berkembang,” kata Yos, saat menghadiri Dies Natalis kampusnya ke-61, belum lama ini.

Yos mengatakan guna mendukung hal itu, pihaknya berjanji akan meningkatkan pagu alokasi pendanaan kampusnya secara signifikan.

Menurutnya hal itu untuk menjawab tuntutan masyarakat terhadap pendidikan tinggi yang terus meningkat dan berkembang.

Perguruan tinggi, tambahnya, diharapkan bukan hanya menghasilkan lulusan yang baik untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja tetapi juga dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Hal ini dapat dicapai melalui peningkatan kualitas dan kapasitas pendidikan tinggi dengan menghasilkan produk riset dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Upaya yang kami terapkan selama 4 tahun terakhir tampaknya mulai memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Jika dilihat dari hasil pemeringkatan di Kemenristekdikti, posisi Undip secara Nasional terus meningkat. Pada tahun 2015 berada pada posisi 10, tahun 2016 posisi 9, tahun 2017 pada posisi 6 dan pada tahun ini 2018, Undip berada pada posisi 5 nasional,” bebernya.

Selain itu, untuk tahun 2018 kampusnya berada pada ranking 6 se-Indonesia dan 103 dunia. Sedangkan untuk ranking QS, Undip berada pada posisi 8 di Indonesia, 240 Asia dan 801+dunia dan  untuk ranking Scimago yakni berbasis publikasi di Scopus, undip menduduki posisi ke 1 se-Indonesia.

“Namun kami akan terus bekerja keras untuk lebih meningkatkan peringkat Undip di tahun-tahun mendatang untuk menjadi 500 besar universitas kelas dunia,” ungkap Pakar Hukum Acara Tata Usaha Negara ini. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.