Dies Natalis ke-43, UNS Bagikan 11 Ribu Mangkok Jenang

Angka sebelas yang dalam Bahasa Inggris eleven menjadi tema besar, yakni Eleven to Elevate atau angka sebelas untuk meningkat statusnya. 

SOLO – Sebanyak 11 macam jenang yang diwadahi 11 ribu mangkok dibagikan pada peringatan Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sabtu (9/3/2019). Pembagian jenang dipusatkan di kawasan Danau UNS.

Pembagian jenang gratis dalam rangkaian peringatan Dies Natalis ke-43 UNS, Sabtu (9/3/2019). Foto: metrojateng.com

Sejak pagi, ribuan orang mulai dari mahasiswa, karyawan UNS dan masyarakat sekitar mengantre untuk mendapatkam satu mangkok jenang gratis tersebut. Aneka macam jenang itu dibagikan usai kegiatan gerak jalan.

Ketua Sebelas Maret Festival (Semarfest) 2019 Ary Setyawan menjelaskan, sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, jenang juga jadi simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat bagi masyarakat Jawa.

“Beragam jenang itu antara lain jenang sumsum, abang putih, grendul, procotan, tumpang, dan sebagainya,” ujarnya.

Ary menambahkan sengaja memilih angka 11 dalam jumlah mangkok jenang. Menurutnya, angka sebelas yang dalam Bahasa Inggris eleven menjadi tema besar, yakni Eleven to Elevate atau angka sebelas untuk meningkat statusnya.

“Karena tahun ini UNS meningkat statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH),” imbuh Ary.

Sementara itu salah seorang mahasiswa, Eka (19) mengaku senang dengan adanya pembagian jenang gratis tersebut. Gadis asal Kalimantan tersebut mengaku baru pertama kali merasakan aneka jenang khas di Kota Solo.

“Ya kami bagi mahasiswa sangat senang ya, apalagi anak kos kan ini gratis. Terlebih saya juga baru pertama kali ini makan jenang sumsum dan mutiara,” ungkapnya. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.