Dewan: Kekosongan Direksi PDAM Harus Segera Diisi

SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mendesak segera ada proses rekrutmen dan seleksi pejabat direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal yang saat ini kosong. Kekosongan jabatan direksi telah menyebabkan pelayanan ke pelanggan tidak maksimal.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi. Foto: metrojateng.com/dok

Dalam sepekan terakhir pelayanan PDAM kembali banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Karena air di wilayah timur dan sebagian Semarang Utara dan Tengah kembali tidak mengalir normal. Air sering sekali mati sehingga aktifitas rutin warga seperti mandi dan cuci terganggu.

‘’Semenjak adanya kekosongan direksi baik dirut, dirtek maupun dirum, persoalan PDAM berlarut-larut terkait dengan kekurangan air baku yang ada di wilayah Kudu, sehingga pasokan air bersih ke wilayah timur menjadi terganggu,’’ kata Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, Selasa (3/7).

Dia menilai persoalan pasokan air bersih ini sudah terjadi sejak sebelum Puasa. Sempat kembali normal tapi airnya keruh. Hingga saat ini kembali dikeluhkan karena alirannya sering mati.

‘’Tentu itu menjadi PR bersama karena adanya kekosongan direksi, dimana hanya dijabat Plt (Pelaksana tugas), tanggungjawabnya menjadi tidak bisa total mengurus PDAM. Setidaknya dirut dan dirtek harus pejabat yang definitif, sehingga persoalan kekurangan air bersih tidak berlarut-larut,’’ ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Pejabat definitif, lanjutnya, bisa bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pasokan air bersih ke pelanggan. Selain itu, beberapa tempat yang masih ada gangguan teknis suplai air bersih bisa segera diatasi.

Dalam proses rekrutmen dan seleksi direksi PDAM sendiri, Supriyadi menjelaskan harus dicari orang yang benar-benar menguasai bidang yang akan dikerjakan dan bertanggung jawab.

Paling penting juga, para direksi baru nanti adalah orang-orang yang tidak hanya berorientasi mencari keuntungan, tetapi orang yang lebih mengutamakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Namun sebelum ada pejabat definitif ini, ia menegaskan Plt Dirut, Dirum, dan Dirtek PDAM saat ini setidaknya dalam waktu dekat bisa mengatasi teknis penyebab kekurangan air baku di wilayah timur tersebut. (duh)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

9 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.