‘Dewa Uang’ Bagi-bagi Angpau di Artos Mall

Perayaan Cap Go Meh

Dewa Uang atau Cai Shen sendiri merupakan dewa kekayaan, harta, atau rezeki dalam mitologi Tiongkok.

MAGELANG – Mengakhiri perayaan tahun baru Imlek 2019, Tempat Ibadat Tri Darma (TITD) Klenteng Liong Hok Bio menggelar pawai Cap Go Meh, Selasa (19/2). Selain menampilkan seni tradisional Vina, Liong Samsi, ditampilkan pula kesenian tradisional Jawa seperti Jathilan, Soreng, Dayakan sampai reog.

Atraksi barongsai menandai perayaan Cap Go Meh di Artos Mall Magelang. Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Pawai yang menyusuri rute Jalan Pemuda atau kawasan Pecinan, berlangsung sangat meriah. Ribuan orang tumpah ruah memadati jalan untuk menyaksikan Liong Samsi dan barongsai beraksi, terutama saat mengambil angpau yang digantung di depan toko-toko.

Ketua Yayasan Tri Bhakti Paul Chandra Wesi Aji mengatakan, Cap Go Meh merupakan akhir dari perayaan Imlek dan rutin dilangsungkan di setiap kelenteng. Pawai ini, menurut Candra, untuk selalu menjaga keharmonisan antar warga 

“Cah Go Meh sudah rutin puluhan tahun, mungkin malah ratusan tahun diadakan di semua kelenteng-kelenteng. Cap Go Meh artinya akhir perayaan Imlek. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan dan karunia-Nya,” katanya di sela-sela pawai.

Sementara itu, perayaan Cap Go meh juga dilaksanakan di Artos Mall. Kegiatan di sini digelar oleh komunitas kaum migran Tionghoa yang tinggal di luar Cina.

Sementara itu, atraksi barongsai dipentaskan oleh sasana barongsai Singa Emas Klenteng Liong Hok Bio. Sosok dewa uang juga dihadirkan menyisir area atrium, menyapa para pengunjung dan membagikan angpau kepada anak-anak.

Dewa Uang atau Cai Shen sendiri merupakan dewa kekayaan, harta, atau rezeki dalam mitologi Tiongkok. Cai Shen dipuja sebagai dewa dalam kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa, Taosisme, dan agama Budha.

“Harapannya dengan digelarnya atraksi Barongsai ini dapat memberikan hiburan khusus kepada masyarakat terkait akulturasi budaya khas Tionghoa dengan masyarakat di Kota Magelang,” ujar Hendry Purnomo selaku Event & Promotion Head. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.