Deteksi Dini Kanker Payudara di Mal Tarik Minat Pengunjung

Jika ada benjolan di sekitar payudara jangan diabaikan.

SEMARANG- Salah satu penyakit yang mengancam kematian pada kaum perempuan adalah kanker payudara. Untuk mencegah indikasi itu perlu deteksi dini agar risiko kematian dapat ditekan.

Dokter Radiologi RS Columbia Asia, Siska Liana memeriksa pasien dengan USG Mamae untuk mendeteksi kanker payudara di sela acara HUT ke-25 Mall Ciputra Semarang, Rabu (12/12/2018). Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita

Mall Ciputra Semarang bekerja sama dengan Rumah Sakit Columbia Asia menginisiasi pemeriksaan kanker payudara pada para perempuan di atrium mal tersebut, Rabu (12/12/2018). Sebanyak 100 perempuan anggota PKK Kota Semarang dari tingkat kelurahan hingga pemkot menjalani USG Mamae.

Pemeriksaan tersebut dimulai dengan mengecek tekanan darah, kemudian pasien menjalani USG Mamae di ruang tertutup oleh dokter radiologi. Setelah mendapat hasil USG, pasien dapat berkonsultasi kepada dokter umum terkait tindakan selanjutnya.

“Saya pikir prosesnya akan lama dan pemeriksaan bakal sakit, tapi ternyata tidak. Hanya sekitar 15 menit sudah tahu hasilnya, dan tidak sakit,” kata salah satu anggota PKK Kota Semarang, Atik yang baru pertama kali melakukan pemeriksaan kanker payudara.

Sedangkan pasien lain, Iriana Gunawan Saptogiri menuturkan, sebelumnya sudah pernah melakukan pemeriksaan, tapi di rumah sakit.

“Kali ini kesannya berbeda dan luar biasa, karena pemeriksaan dilakukan di mal. Namun, yang dilakukan Mall Ciputra ini sangat membantu agar perempuan lebih sadar memeriksakan kondisinya sejak dini, khususnya mencegah kanker payudara,” kata istri Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang itu.

Menurut Dokter Radiologi RS Columbia Asia, Siska Liana, kanker payudara bisa menyerang siapa saja dan dengan faktor apa saja termasuk gaya hidup.

“Dewasa ini gaya hidup bisa menjadi pemicu kanker payudara. Disamping, genetik, usia hingga menopause yang lambat bagi perempuan sampai usia 50 tahun,” tuturnya.

Maka itu, kesadaran masyarakat terhadap penyakit ini perlu ditingkatkan. Pencegahan dini akan mampu mengurangi risiko kematian.

“Jika ada benjolan di sekitar payudara jangan diabaikan. Contohnya jika ada perubahan tepat pada bagian bawah puting segera konsultasikan kepada dokter,” jelasnya.

Sementara, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari HUT ke-25 Mall Ciputra Semarang yang mengusung tema “CL Care 25th Anniversary”.

Manager Mal Ciputra Semarang, Ani Suyatni menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian pihaknya kepada masyarakat khususnya kaum perempuan

“Dalam sehari penuh kami melakukan kegiatan sosial mulai kampanye dan talkshow pencegahan dini kanker payudara hingga penyerahan kursi roda kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain kepedulian, ini bentuk kedekatan kami dengan mereka,” katanya. (ang)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.