Delapan Daerah di Jateng Rawan Longsor. Mana Saja?

image

SEMARANG – Curah hujan yang meningkat sepanjang Februari-Maret 2016 membuat delapan daerah di Jawa Tengah rawan terkena bencana tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah menyebut wilayah yang rawan longsor yaitu Banjarnegara, Wonosobo, Karanganyar, Pekalongan, Pemalang, Cilacap, Kudus, Kebumen.

“Untuk Karanganyar, Wonosobo dan Banjarnegara potensinya (bencana longsor) sangat besar karena banyak pepohonan sudah diganti lahan pertanian. Penduduk setempat telah mengganti area resapan air jadi lahan untuk menanam sayuran dan buah-buahan,” terang Sarwa Pramana Kepala BPBD Jawa Tengah, kepada wartawan di kantornya, Senin (15/2).

Sarwa menegaskan telah menetapkan status siaga bencana longsor sejak awal bulan ini. “Karena kondisinya paling berat itu ya di awal Februari sampai Maret,” jelas Sarwa.

Di Karanganyar, menurut Sarwa, longsor berpotensi terjadi di sebagian wilayah perbukitan terdekat dengan lereng Gunung Lawu. Ia juga memperingatkan kepada warga Watukumpul Pemalang agar mewaspadai longsor di kala musim hujan tiba.

“Makanya, kami dirikan posko di titik-titik rawan longsor yang tiap tahun muncul. Kami sudah mengidentifikasi berapa banyak tanggul yang rawan longsor,” sambungnya.

Saat ini, ia telah mengucurkan dana siap pakai Rp 400-500 juta di tiap kabupaten/kota untuk menyiagakan posko bencana. Jumlah posko yang dibangun ada ratusan titik di Jawa Tengah. Tiap kabupaten/kota disarankan membangun dua sampai tiga posko sesuai kebutuhan. “Kami minta setiap SKPD kabupaten/kota membangun dapur umum,” imbuh Sarwa.

Selain bencana longsor, BPBD kini juga mewaspadai bahaya banjir dan puting beliung saat musim hujan tiba. Bencana banjir berpotensi muncul di daerah pinggiran Sungai Pemali-Juwana dan Bengawan Solo yang melintang dari Kabupaten Pati hingga Kota Solo.

Early warning system sudah kami aktifkan semua untuk mencegah bencana yang muncul di bulan ini,” pungkasnya. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 55 = 59

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.