Darurat Banjir Kaligawe, Pompa Beroperasi dari Truk

Pompa sudah di tempat. Tinggal rumah pompanya belum jadi, sehingga akan kita operasikan di atas truk.

SEMARANG- Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana menargetkan pengoperasian empat pompa Sungai Sringin berjalan pertengah Desember ini.

Rumah pompa Sringin jadi tumpuan penanganan banjir dan genangan Jalan Kaligawe, Kota Semarang, Kamis (6/12/2018). Foto: metrojateng.com/Masrukhin Abduh

Kepala BBWS Pemali Juwana, Ruhban Ruzziyatno mengatakan, penanggulangan banjir di Genuk dan Kaligawe akan segera diatasi oleh pihaknya.

“Nantinya kita buat lima pompa. Dalam kontrak proyeknya akan selesai Juli 2019. Namun mengingat kebutuhan yang mendesak ditambah percepatan yang diminta oleh gubernur, bulan Desember sudah selesai dipasang,” ujarnya, Selasa (11/12/2018).

Kondisi Jalan Kaligawe saat ini masih rawan tergenang air akibat belum rampungnya proyek rumah pompa, sehingga air tak bisa langsung masuk sungai dan ke laut. Genangan masih tampak di Jalan Kaligawe mulai persimpangan Jalan Wontermonginsidi sampai Polsek Genuk.

Ia memperkirakan, Sungai Sringin sebagai daerah aliran sungai cukup ideal untuk dijadikan lokasi pembuangan banjir. Lebih jauh, ia menyebut sebuah pompa di Sungai Sringin mampu menghasilkan kapasitas sedotan 10.000 liter per detik.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya akan menggelar koordinasi dengan Dinas Bina Marga, PU Jateng dan Kota Semarang, camat-camat terdekat dan Polsek Genuk.

Ia berharap koordinasi lintas sektoral itu bisa menghasilkan tindakan cepat dengan memasang pompa maksimal 20 Desember sudah bisa dioperasikan.

“Semuanya akan diawasi supervisi. Semua pompa sudah ada di tempat. Tinggal rumah pompanya belum jadi, sehingga akan kita operasikan di atas truk,” bebernya.

Pihaknya akan mengujicoba pemanfaatan pompa itu mulai hari ini. Mesin pompanya dioperasikan untuk mengurangi genangan di sana. Kapasitasnya akan dimaksimalkan dengan menambah pompa dari Sungai Babon.

“Selama ini tersedia kapasitasnya 250 liter per detik. Kalau ditambah dua pompa lagi pasti sangat efektif mengurangi genangan,” urainya.

(far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.