Cuti Lebaran Diperpanjang, Pemudik Diprediksi Naik 15 Persen

SEMARANG – Dinas Perhubungan Jawa Tengah memperkirakan jumlah pemudik kendaraan pribadi yang masuk wilayahnya pada momentum Lebaran 2018 nanti bakal naik 15,91 persen. Kepala Dishub Jawa Tengah, Satriyo Hidayat mengungkapkan lonjakan pemudik dipicu adanya cuti bersama yang diperpanjang selama tujuh hari pada Lebaran tahun ini.

Ilustrasi. Volume kendaraan di Jateng diprediksi meningkat saat mudik Lebaran. Foto: dok metrosemarang.com

“Naiknya di sektor pemudik kendaraan pribadi. Peningkatannya mencapai 15 persen dari tahun sebelumnya. Sebab, di saat bersamaan ada jadwal libur Lebaran lebih panjang,” kata Satriyo kepada metrosemarang.com, Jumat (11/5).

Ia menyatakan titik kemacetan selama mudik nanti berada di wilayah Semarang Raya. Menurutnya pemicu lainnya karena jalan tol Semarang-Batang yang akan dioperasionalkan secara fungsional sampai dalam kota Semarang.

“Fungsional tol Batang optimismenya kan sudah ada di Semarang pas Lebaran. Itu akan menimbulkan kemacetan. Apalagi dari pengalaman saya selama ini, ketika Lebaran tiba pemudik dari jalan tol Semarang menuju Bawen saja selalu menumpuk,” tuturnya.

Sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan, tambahnya, Dishub nantinya akan membuatkan jalur alternatif. Pihaknya kini sudah melayangkan surat permohonan kepada Kemenhub untuk membatasi ruang gerak angkutan barang yang beroperasi untuk rute Semarang-Solo.

“Kita mohon ke pusat supaya sopir-sopir angkutan barang Semarang Solo sejak tiga hari dan sebelum Lebaran harus dibatasi. Karena aturannya hanya dibatasi di ruas tol saja,” tuturnya.

Satriyo menambakan nantinya juga memasang beberapa CCTV untuk memantau simpul kemacetan di ruas jembatan yang ada di Jalan Boyolali-Solo.

“Karena ada jembatan di Boyolali hanya bisa dilewati simpangan mobil dan tentunya menumpuk saat mudik, maka kita akan pasang CCTV untuk memantau kemacetannya,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

85 + = 86

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.