Curug Sewu Harus Jadi Ikon Kendal

Curug Sewu. Foto: KPHKendal.com
Curug Sewu. Foto: KPHKendal.com

KENDAL – Obyek  Wisata Curug Sewu yang berada di Kecamatan Patean Kabupaten Kendal jika dikelola dengan baik bisa menjadi ikon Kabupaten Kendal. Potensi yang ada di obyek wisata ini cukup banyak, dan jika dinas terkait tidak bisa mengelolanya maka tidak pernah maju dan tidak dapat diandalkan.

Minimnya fasilitas bagi pengunjung khususnya penginapan yang memadai dilirik investor untuk mendirikan hotel berbintang. Bupati mengapresiasi investor yang bersedia mengembangkan wisata Curug Sewu dengan membangun hotel sekelas bintang tiga dengan konsep resort tersebut. Resort merupakan sebuah tempat menginap, dimana mempunyai fasilitas khusus untuk kegiatan bersantai dan berolah raga seperti tenis, golf, Spa, tracking, dan jogging.

“Sebenarnya obyek wisata Curug sewu yang berada di Kecamatan Patean ini mempunyai potensi yang sangat luar biasa. Oleh karenanya, jika dinas terkait dapat mengelola dengan baik, maka dapat menjadi ikon di Kabupaten Kendal,” kata Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM saat peletakkan batu pertama pembangunan hotel ABCD Curug Sewu Resort Hotel.

Disampaikan, bahwa Hotel Resort yang terletak dikawasan wisata, dimana sebagian pengunjung yang menginap saat tidak melakukan kegiatan usaha bisa menggunakan tempat itu sebagai ajang hiburan bagi keluarga.

Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM melakukan peletakkan batu pertama pembangunan hotel ABCD Curug Sewu Resort Hotel, Jumat (12/6). Foto: metrojateng.com/MJ-01
Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM melakukan peletakkan batu pertama pembangunan hotel ABCD Curug Sewu Resort Hotel, Jumat (12/6). Foto: metrojateng.com/MJ-01

“Dari segi lokasi dan jarak, hotel resort ini umumnya terletak cukup jauh dari pusat kota. Maka dari itu keberadaan hotel yang berada di lokasi wisata alam ini, nantinya bisa digunakan sebagai tempat rekreasi dan sekaligus difungsikan sebagai tempat peristirahatan menghabiskan mas liburan bersama keluarga,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengharapkan dengan adanya pembangunan hotel tersebut agar bisa dan mampu menjadi pemicu bagi para investor lainnya dalam keikutsertannya mengembangkan potensi wisata lain yang ada di wilayah Kabupaten Kendal.

“Mengenai segala bentuk perijinan terkait dengan sarana wisata yang dijadikan sebagai destinasi pariwisata, nanti akan kami permudah supaya menjadi daya tarik bagi para investor pariwisata lainnya,” tegas Bupati Widya Kandi Susanti.

Widya menjelaskan jika pembangunan ABCD Curugsewu Resort Hotel yang ada berada dekat wisata air terjun Curugsewu di wilayah Kecamatan Patean ini. Atas kerjasama dengan salah satu investor dari Jakarta yakni PT. Indocitra Interwisata yang bergerak dalam bidang pengembangan destinasi potensi wisata.

Sementara itu, salah satu investor PT Indocitra Interwisata Handoko Priyo Raharjo mengatakan bahwa pembangunan hotel resort ini nantinya akan memakan dana senilai kurang lebih Rp 50 milliar. Untuk meningkatkan daya tarik wisata Curugsewu ini, kata dia, nanti akan dilakukan pembenahan dan penataan agar terlihat menarik.

“Objek wisata yang mempunyai air terjun dengan tiga tingkatan air terjun setinggi 45 meter, 15 meter dan 20 meter ini tercatat sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah dan air terjun tesebut tidak hanya bisa dilihat dari bawah tapi juga bisa disaksikan dari atas,” ucap Handoko.

Menurutnya, dengan penambahan fasilitas berupa hotel seyogyanya agar akses jalan menuju Curug sewu dilebarkan sehingga para wisatawan akan tertarik dan betah berwisata ke Curug Sewu. “Nantinya semua fasilitas harus ditata dan dibenahi terutama bagi para pedagang makanan maupun pedagang souvenir. Mereka juga diberikan lokasi yang bagus dan bersih agar terlihat lebih rapi dan menarik,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kendal, Agus Rifai menandaskan bahwa Obyek wisata Curugsewu memang mempunyai keunikan tersendiri. Dengan adanya potensi wisata yang ada di Kendal, maka tidak perlu repot-repot orang berwisata keluar daerah. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

39 − 29 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.