Curah Hujan Masih Tinggi, Jateng Dikepung Banjir dan Longsor

Warga mengais barang-barang yang masih bisa diselamatkan dari rumahnya yang terkena banjir bandang di Sukorejo.
?

Semarang – Intensitas curah hujan yang relatif tinggi membuat daerah-daerah di sepanjang jalur Pantura Jawa Tengah masih rentan dihantam bencana banjir bandang. Bahkan, di areal dataran tinggi juga berpotensi mengalami longsor susulan.

“Daerah yang patut diwaspadai terkena banjir berskala besar berada di Kabupaten Pati, Rembang, Kudus, Brebes, Pekalongan, Batang, Kendal,Semarang, serta Demak. Malahan pada hari ini kami masih menangani banjir yang ada di Jepara dan Cilacap,” ungkap Agus Haryono, Kepala Basarnas Jateng, Selasa (28/2).

Menurutnya sepanjang awal tahun ini petugasnya telah menangani 39 kali kejadian kecelakaan air di beberapa daerah. Kejadian paling menonjol berada di Semarang dan Brebes.

Di Brebes, luapan Sungai Pemali menggenangi rumah-rumah warga setempat. Sedangkan sungai Banjir Kanal Timur (BKT) yang jebol membuat semua rumah warga di Kaligawe Semarang dan sekitarnya terendam banjir. 

Tahun ini musibah banjir ternyata juga meluas hingga ke kawasan DAS Bengawan Solo. Kawasan padat penduduk di Solo dan Klaten sempat kebanjiran. Hal serupa juga dialami sebagian wilayah Cilacap, Kebumen serta Purworejo.

Tak hanya itu saja, katanya. Ia juga menemukan bencana longsor yang melanda warga di Karanganyar yang berada di lereng Gunung Lawu. “Lalu longsor ada di Magelang, Temanggung, Klaten dan Wonosobo,” jelasnya. 

Karena itulah, ia mengimbau kepada masyarakat agar lekas mengontak petugasnya bila terjadi banjir.

“Sehari ada dua operasi dan kita terus lakukan dengan sigap. Tapi sayangnya kadang ada warga yang menemukan korban namun tidak dilaporkan kepada kami. Kesadaran masyarakat harus ditingkatkan didukung kesiapsiagaan pemerintah,” ungkapnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

6 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.