Cukup Bayar Rp 100 Ribu, Bisa Keliling Waduk Jatibarang Pakai Perahu

Sektor pariwisata di Waduk Jatibarang dirasakan semakin berkembang.

SEMARANG – Bukan hanya penampung air di Kota Semarang, Waduk Jatibarang juga menawarkan keindahan pemandangan. Waduk yang lokasinya tidak jauh dari Goa Kreo ini kini memiliki wisata air di mana pengunjung dapat menyewa kapal untuk berkeliling waduk.

Pokdarwis Suko Makmur menyediakan perahu yang bisa digunakan untuk mengelilingi Waduk Jatibarang. Foto: dokumentasi

Pengelola wisata air di Waduk Jatibarang, Pokdarwis Suko Makmur menyediakan perahu motor untuk mengelilingi waduk tersebut dengan tarif Rp 100 ribu. Dalam satu kapal hanya berisi maksimal empat orang. Wisatawan juga diwajibkan mengenakan pelampung demi keamanan selama di atas perahu motor.

 

Selain diantar berkeliling, Pokdarwis Suko Makmur juga menyediakan belasan perahu motor di dermaga untuk digunakan memancing. Tarif perahu kecil yang digunakan memancing dipatok tarif Rp 100 ribu per hari, sementara perahu besar dipatok Rp 200 ribu per hari.

 

Sekretaris Pokdarwis Suko Makmur, Widodo mengatakan untuk perahu motor ada 22 dan perahu mancing ada enam unit. Dia menerangkan, setiap akhir pekan satu perahu bisa berkeliling lima hingga sepuluh kali.

 

“Sekali memutar waduk biasanya sekitar 15 menit. Kebanyakan pengunjung berasal dari wisatawan lokal, namun ada juga yang dari wisatawan mancanegara,” ujarnya, Selasa (18/6/2019).

 

Widodo menambahkan, sebanyak 47 personel siap mengoperasikan perahu boat tersebut. Keamanannya juga terjamin dan para pengemudi perahu motor sudah mendapatkan sertifikat dari Basarnas. Banyaknya tenaga yang disiapkan adalah untuk mengantisipasi ketika terjadi lonjakan wisatawan. Diakui,  sektor pariwisata Jatibarang dirasakan semakin berkembang.

 

Untuk menjaga kelestarian Waduk Jatibarang, Pokdarwis Suko Makmur turut menjaga kebersihan dengan cara membersihkan enceng gondok yang ada di kawasan waduk setiap pekan. Plaza Kandri yang belum lama rampung dibangun di lokasi tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri karena digunakan sebagai ruang publik sekaligus tempat digelarnya pertunjukan besar di sana. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.