Cuaca Ekstrim, PLN Siaga 24 Jam Tangani Gangguan

Tim Pelayanan Teknis (Yantek) PLN Area Semarang sedang mengecek panel instalasi di Jalan Pemuda Semarang, Minggu (18/2). (Foto: Istimewa)

SEMARANG – Cuaca Ekstrim yang masih berlangsung hingga sekarang menuntut PLN Area Semarang bekerja ekstra menjaga pasokan listrik di wilayah tersebut. Tim Pelayanan Teknis (Yantek) siaga 24 jam menjaga keamanan instalasi dan siap menangani apabila terjadi gangguan.

Koordinator Tim Yantek Rayon Semarang Tengah, Fakhrudin mengatakan, tengah melakukan pengecekan rutin tegangan melalui panel instalasi yang ada di wilayahnya.

“Pada musim penghujan seperti ini pengecekan dilakukan secara terus-menerus agar tidak terjadi gangguan yang disebabkan oleh faktor-faktor alam. Lebih baik kita mengetahui atau mendeteksi terlebih dahulu adanya potensi gangguan daripada tidak. Sebab penanganannya atau antisipasi lebih dini akan lebih baik daripada setelah ada gangguan kita baru bertindak”, ungkapnya saat ditemui sedang mengecek panel instalasi di Jalan Pemuda Semarang, Minggu (18/2).

Untuk menjaga keandalan pasokan listrik, PLN Area Semarang melakukan berbagai upaya seperti pemotongan ranting dan dahan pohon yang berpotensi mengganggu aliran listrik pada kabel-kabel penghubung, khususnya pada saluran rumah (SR). “Kini sudah hampir semua pohon yang rimbun dan mengganggu telah dipangkas setelah kami koordinasikan dengan Dinas Pertamanan Kota Semarang,” Manager Area Semarang, Donny Adriansyah.

Meski sebagian pohon sudah dirabas, Donny juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan apabila ada pohon yang menyentuh atau dekat jaringan listrik untuk menghindari kecelakaan dan menghindari pemadaman listrik. Pelaporan dapat melalui Contact Center PLN 123 tanpa dipungut biaya apapun.

Sementara itu, diketahui daerah di Semarang yang kini dilanda gangguan bencana banjir antara lain Mangkang Wetan dan Genuk. Sedangkan tanah longsor di Kalialang Gunungpati dan Tambakaji Tugu. Semua wilayah yang dilanda bencana tersebut diupayakan tidak sampai terganggu pasokan listriknya. Semua telah diantisipasi dan ditangani secara baik dan cermat sehingga tak mengganggu pelayanan ke masyarakat. Disamping itu, PLN senantiasa menghimbau kepada masyarakat untuk selalu membayar listrik tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulannya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

87 + = 91

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.