Cuaca Ekstrem, 600 Personel Gabungan Siap Tanggap Bencana

Sebanyak 600 personel tersebut disiagakan untuk membantu kelancaran pesta demokrasi di tengah cuaca ekstrem yang tidak menentu.

SEMARANG – Menghadapi cuaca ekstrem, ratusan personel gabungan dari Sat Brimob Polda Jateng, TNI, BPBD Jateng, dan Basarnas Kantor SAR Semarang, disiapsiagakan untuk tanggap bencana alam di wilayah Jawa Tengah.

Sebanyak 600 personel tersebut juga disiagakan untuk membantu kelancaran pesta demokrasi di tengah cuaca ekstrem dan tidak menentu.

Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto didampingi Kasat Brimob Polda Jateng Kombes Pol Tory Kristianto mengecek kesiapan personel dan perlengkapan.(metrojateng.com/ahmad khoirul asyhar)

“Kita ketahui bahwa cuaca saat ini di Jateng cukup ekstrem, khususnya penghujan. Maka kami gelar Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019. Kami persiapkan sekaligus mengecek kesiapan personel dan perlengkapan yang ada,” kata Karo Ops Polda Jateng, Kombes Pol Hariyanto, usai memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan dalam rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019 di lapangan Mako Sat Brimob Polda Jateng, Banyumanik, Semarang, Jumat (29/3/2019).

Jumlah personel yang disiapsiagakan berjumlah sekitar 600 personel gabungan. Terdiri atas 200 personel Satpol Brimob Polda Jateng dan sekitar 400 personel dari TNI, BPBD, dan Basarnas. Ratusan personel tersebut siap diterjunkan sewaktu-waktu ke wilayah yang mengalami bencana alam.

Hariyanto menjelaskan Operasi Kontijensi Aman Nusa II merupakan bagian tiga operasi kontijensi yang disiapkan Polri. Dua operasi kontinjensi lainnya adalah Aman Nusa I terkait konflik sosial dan Aman Nusa III terkait terorisme. Untuk Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019 ini selain untuk menghadapi bencana alam juga disiapkan untuk mendukung kelancaran pesta demokrasi.

“Sebentar lagi kita juga melaksanakan pesta demokrasi. Kalau cuacanya tidak mendukung, misal terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, personel gabungan ini juga akan ikut mengamankan kotak suara,” jelasnya.

Kasat Brimob Polda Jateng, Kombes Pol Tory Kristianto, menambahkan Operasi Kontijensi Aman Nusa II 2019 memang ditujukan untuk tanggap bencana. Namun selama proses pesta demokrasi tim gabungan juga disiagakan.

“Utamanya untuk tanggap bencana, proses pemilu seperti droping surat suara dan lainnya hanya sasaran antara karena melihat cuaca hari ini tidak biasa. Curah hujan masih tinggi,” paparnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Sat Brimob juga sudah menyiapkan berbagai perlengkapan. Mulai dapur umum hingga perahu karet dan perahu rakitan dari drum.

“Tanggal 17 April nanti sudah pemungutan suara. Kami siap membantu droping surat suara jika terjadi bencana alam. Kami siapkan semua peralatan dan perlengkapan termasuk perahu karet dan perahu rakitan dari drum. Intinya agar bisa menjangkau daerah pelosok atau yang terdampak bencana alam,” pungkasnya. (aka)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.