Corat-coret di Dinding Kelas yang Bikin Siswa Betah

SD Negeri 2 Sukorejo

Setiap ruang kelas di SD 2 Sukorejo dicat sedemikian rupa, sehingga tampak indah karena memiliki nilai esetika yang tinggi.

KENDAL – Jika umumnya ruang kelas hanya diisi dengan hiasan gambar pahlawan atau jadwal pelajaran, tidak di SD Negeri 2 Sukorejo Kendal. Dinding kelas di sekolah ini malah dicoret-coret siswanya sesuai dengan kreativitasnya.

Dinding kelas SD Negeri 2 Sukorejo Kendal dihiasi dengan lukisan hasil kreativitas siswa. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Sebab, di ruangan kotak itulah siswa menghabiskan 90 persen waktu di sekolah untuk belajar. Maka kenyamanan, kebersihan dan keindahan kelas menjadi salah satu aspek penting dalam membangkitkan siswa untuk semangat belajar.

Setiap ruang kelas di SD 2 Sukorejo dicat sedemikian rupa, sehingga tampak indah karena memiliki nilai esetika yang tinggi. Bagaimana tidak, setiap nampak warna-warni, ada kelas yang dicat seperti musim semi. Dimana ada pelangi, pohon dan kupu-kupu yang berterbangan. Ada pula yang mengecat ruang kelas menjadi pemandangan indah yang sejuk dengan lukisan pohon, air dan langit yang biru.

Bahkan ada ruang kelas yang dicat menyerupai  ruang angkasa, dimana ada bintang-bintang serta ruang kelas yang menyerupai pemandangan pantai dengan laut biru. Pemandangan itu tentu saja akan memanjakan mata bagi siapa saja melihat dan membuat betah.

Hal yang membuat takjub lagi, karya seni indah itu bukanlah karya pelukis profesional. Melainkan karya anak-anak dibantu guru kelasnya masing-masing. “Ini yang mengecat siswa, walau tidak sendiri tetap dibantu oleh bapak dan ibu guru kelasnya,” kata Kepala SD 2 Sukorejo, Supardi, Rabu (9/1/2019).

Ide membuat ruang kelas kreatif, tidak lain adalah untuk membangkitkan semangat belajar siswa di kelas. Sehingga muncul kreatifitasnya dengan hasil akhir prestasi yang membanggakan siswa, sekolah dan orang tua siswa.

“Tidak hanya nyaman bagi siswa, ruang kelas itu juga nyaman bagi guru-gurunya juga. Sehingga guru dan siswa ini sama-sama semangat di kelas,” jelasnya.

Diannita Ayu Kurniasih, Guru Kelas V B menambahkan jika ide menghias ruang kelas juga tidak lain supaya siswa dan guru sama-sama betah dan nyaman belajar di kelas. “Biaya pengecatan ini dari sumbangan komite sekolah dan kas kelas. Jadi setiap kelas ini siswa membuat kas kelas yang berasal dari sumbangan suka rela siswa,” katanya.

Dana kas kelas ini tidak hanya sebenarnya tidak hanya diperuntukkan untuk menghias kelas, tapi juga dana sosial. Seperti menjenguk salah satu temannya yang tengah sakit atau terkena musibah dan sebaginya.

Selain program ruang kelas kreatif, SD 2 Sukorejo, lanjut Diannita juga membuat program Jumat Bersih, Sehat dan Gizi. Yakni dengan kegiatan bersih-bersih, olahraga bersama dan membawa bekal makanan empat sehat lima sempurna. “Tidak hanya siswa, semua guru dan karyawan juga melakukan hal sama,” akunya.

Alessandra Tamara Dewi, Salah satu siswa Kelas VB mengaku sangat senang saat berada di sekolah terutama ruang kelasnya. Sebab, ruang kelasnya kini penuh dengan hiasanya dan lukisan yang membuatnya betah dan semangat belajar.

“Sebelumnya ruang kelas catnya hanya kuning polos. Kini warna-warni,” katanya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.