Coblosan Ulang, Jokowi-Ma’ruf Amin Kembali Unggul di TPS 05 Weru

Salain TPS 05 Desa Karanganyar Kecamatan Weru, KPU Sukoharjo juga menggelar coblosan ulang di TPS 07 Desa Toriyo Kecamatan Bendosari dan TPS 12 Desa Gedangan, Kecamatan Grogol.

SUKOHARJOPasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin kembali unggul pada pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 05 Desa Karanganyar, Kecamatan Weru. Di TPS ini Paslon 01 memeroleh 155 suara, berbanding 42 suara milik pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pelaksanaan PSU di TPS 05 Desa Karanganyar Kecamatan Weru Sukoharjo, Sabtu (27/4/2019). Foto: metrojateng.com

Pada pemilihan 17 April silam, Jokowi-Amin juga menang dengan meraih 178 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi hanya 60 suara, sedangkan yang tidak sah 15 suara.

TPS 05 Desa Karanganyar ini memiliki jumlah pemilih sebanyak 291. Dengan perincian laki-laki 149 dan perempuan 142. Pada PSU kali ini, hanya ada 202 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

“Untuk PSU ini pemilih mengalami penurunan, hal itu kemungkinan faktor sebagian pemilih sudah kembali ke rantau,” kata Ita Efiyati Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sukoharjo.

Salain TPS 05 Desa Karanganyar Kecamatan Weru, KPU Sukoharjo juga menggelar coblosan ulang di TPS 07 Desa Toriyo Kecamatan Bendosari dan TPS 12 Desa Gedangan, Kecamatan Grogol.

Komisioner Bawaslu Sukoharjo Divisi Penindakan Pelanggaran Rochmad Basuki mengatakan, PSU dilakukan di TPS 07 lantaran ada seorang warga yang sudah beridentitas luar daerah ikut nyoblos. Sementara dia tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), DPTb, dan tidak memiliki formulir A5 ikut menyoblos di TPS 07.

“Disini tidak ada DPTb, sehingga semua pemilih harus membawa A5 untuk mencoblos. Selain itu, dalam pemilu ini juga melibatkan pengawas untuk mengantisipasi hal serupa,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Cecep Choirul Sholeh mengatakan, jumlah DPT di TPS 07 Desa Toriyo ada sebanyak 295 orang. Sedangkan DPT di TPS 05 Desa Karanganyar ada 291 pemilih dan DPT di TPS 12 Desa Gedangan 283 pemilih. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.