Coblosan Makin Dekat, Timses Sudirman-Ida Tagih Janji KPU Perbaiki DPT Bermasalah

SEMARANG – Tim sukses pasangan calon gubernur bernomor urut 2, Sudirman Said-Ida Fauziyah menagih janji Komisi Pemilihan Umum untuk segera memperbaiki Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang bermasalah. Pasalnya, menurut Sriyanto Saputro, Juru Bicara Timses Sudirman-Ida, ada 10 ribu DPT yang dinyatakan bermasalah dari total 3 juta dugaan DPT Pilgub bermasalah yang telah dilaporkan kepada KPU.

Tim sukses Sudirman-Ida memertanyakan keseriusan KPU untuk membereskan DPT bermasalah. Foto: fariz fardianto

“Setelah dicek ulang, kesalahan pendataan ada pada Disdukcapil yang berada dibawah Kemendagri. Ada banyak NIK yang sama persis dengan daerah lainnya,” ujarnya, saat ditemui di Posko Pemenangan Sudirman-Ida Jalan Pamularsih, Semarang, Minggu (24/6).

Ia menduga kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang semerawur menjadi penyebab munculnya 3 juta Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam kontestasi Pilgub Jawa Tengah.

Temuan yang paling mencolok, menurutnya terjadi di Kalimantan. Pihaknya telah mengidentifikasi adanya identitas seorang warga salah satu daerah di Kalimantan yang punya data ganda dengan yang ada di Jawa Tengah.

Temuan lainnya, katanya yakni adanya pembuatan TPS di dalam rumah warga Kabupaten Blora. Hal tersebut berpotensi menimbulkan kecurangan saat Pilgub Jateng berlangsung.

“Ini sangat berpotensi kecurangan. Kalau di halaman rumah warga tidak masalah,” urainya.

Dengan temuan itu bisa dipastikan bahwa laporan yang disampaikan kepada pihaknya tidak mengada-ada. Walau demikian, ia tetap akan terus menagih janji KPU untuk segera menuntaskan perbaikan DPT ganda untuk Pilgub Jateng.

Seperti diberitakan sebelumnya, Timses Sudirman-Ida menemukan keberadaan 3 juta DPT bermasalah. Kebanyakan muncul calon pemilih yang punya kartu keluarga (KK) diluar domisili Jateng. Kemudian nama pemilih berada di dua wilayah berbeda dan beberapa temuan lainnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 43 = 46

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.