CEK FAKTA: TPS di Sendangmulyo Tak Kebagian Surat Suara DPRD Provinsi

Tinta Belum Ada, Warga Antre

Amplop yang seharusnya berisi surat suara untuk DPRD provinsi justru berisi surat suara untuk memilih caleg DPRD Kota Semarang

SELAIN di Kelurahan Kembangarum, persoalan distribusi piranti pemungutan suara juga terjadi di Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Hal itu menyebabkan proses pemungutan suara di TPS 047 RT 012/RW 014 Ketileng Indah, Sendangmulyo terganggu.

Seperti diungkapkan oleh pemilik akun Twitter @WalensaEvali. Ia menyebut ketiadaan surat suara untuk DPRD Provinsi beserta tinta. Sekitar pukul 09.00 pagi, Rabu (17/04/2019), akun Twitter @WalensaEvali menyebut imbas dari kekacauan tersebut. Yakni para pemilih yang kemudian pulang dan bekerja.

 

Cuitan akun twitter @WalensaEvali

 

Pantauan metrojateng.com, warga setempat harus mengantre hingga pukul 09.00, Rabu (17/04/2019) untuk menunggu tinta piranti pemungutan suara. Sementara, Cek fakta yang dilakukan Semarangpos.com di lokasi, TPS tersebut tidak kebagian surat suara untuk memilih calon anggota legislatif DPRD Provinsi Jawa Tengah. Sebaliknya TPS itu kebanyakan pasokan surat suara DPRD Kota Semarang.

Salah seorang warga yang merangkap sebagai saksi salah satu parpol, Suratmih, mengatakan distribusi surat di TPS 047 memang mengalami kesalahan. Amplop yang seharusnya berisi surat suara untuk DPRD provinsi justru berisi surat suara untuk memilih caleg DPRD Kota Semarang.

“Jadi kami menerimanya dobel untuk surat suara DPRD kota, sedangkan DPRD provinsi malah enggak ada,” ujar Suratmih saat dijumpai Semarangpos.com di lokasi.

Padahal, lanjut Suratmih, TPS 047 digunakan sekitar 296 warga untuk menggunakan hak pilih, baik memilih presiden maupun wakil presiden, DPD, DPR pusat, DPRD provinsi, dan kota. Namun karena adanya carut marut itu proses pemungutan suara pun menjadi terkendala.

Sementara itu, salah seorang Pengawas TPS (PTPS) 047, Isnubroto, menyatakan sudah melaporkan ketidakadaan surat suara DPRD provinsi itu ke KPU Kota Semarang. Untuk saat ini, pihaknya pun mensiasati kekurangan surat suara itu dengan mengambil surat suara di TPS sekitar yang masih tersisa atau tidak digunakan.

“Ini baru ada 80 surat suara DPRD provinsi yang berhasil kita tampung dan bawa ke sini. Sisanya masih menunggu keputusan dari KPU,” ujar Isnubroto.

Sementara untuk warga yang belum memberikan suara untuk DPRD provinsi, ia pun meminta untuk bersabar. “Tadi dari KPU sih minta yang belum mencoblos DPRD provinsi untuk kembali ke TPS jika surat suaranya sudah tersedia. Ini sedang dicarikan solusi oleh KPU,” imbuhnya. (*)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.