Cegah Risiko Kanker Payudara, Perempuan Pengemudi Ojek Online Lakukan Pemeriksaan Dini

Selain pemeriksaan payudara, Mal Ciputra juga melakukan edukasi melalui talk show “Deteksi Dini Kanker Payudara” oleh tim dokter dari RS Columbia Asia.

SEMARANG – Para perempuan yang berprofesi sebagai pengemudi ojek online memang tampak luar biasa. Mereka keluar dari zona nyaman dan turun ke jalan raya demi memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Para mitra Gojek khususnya perempuan pengemudi ojek online terlibat dalam kegiatan “We Care We Aware” yang diselenggarakan Mal Ciputra Semarang dalam rangka peringatan Hari Kanker Payudara Internasional, Selasa (8/10/2019). Foto: metrojateng.com/anggun puspita

Namun, dalam rangka memperingati Hari Kanker Payudara Internasional para perempuan tangguh itu meluangkan waktu menyambangi Mal Ciputra Semarang untuk melakukan pemeriksaan dini kanker payudara.

Tidak ada raut wajah ketakutan dari para perempuan yang mayoritas ibu rumah tangga itu. Mereka mengantri di depan bilik pemeriksaan sambil menunggu namanya dipanggil.

Salah satu pengemudi ojek online, Ellyawati Agustiningrum (51), tidak sabar menunggu giliran diperiksa. Bukan takut karena pengalaman pertama menjalani pemeriksaan, dia justru ingin tahu bagaimana kondisinya.

“Meski pengalaman pertama tapi saya tidak takut. Sebab, pemeriksaan ini sangat bermanfaat bagi saya, apakah saya ada gejala kanker payudara atau tidak,” tuturnya.

Elly mengaku, sudah lama dia ingin melakukan pemeriksaan USG payudara, tapi terkendala biaya. “Saya berterima kasih bisa turut acara ini, karena jadi tahu cara mencegah dan mendeteksi dini dari kanker payudara,” tuturnya yang sudah dua tahun menjadi pengemudi ojek online.

Tidak hanya Elly, ada 50 mitra Gojek dari divisi GoRide dan GoLife yang mengikuti acara yang diselenggarakan Mal Ciputra Semarang itu. Pusat perbelanjaan di kawasan Simpang Lima Semarang ini memperingati Hari Kanker Payudara Internasional bertajuk “We Care We Aware”.

Spesialis Radiologi Rumah Sakit Columbia Asia Semarang, dokter Siska Liana Sp Rad menyampaikan, perempuan usia produktif disarankan melakukan pemeriksaan berkala USG payudara. Upaya ini untuk mendeteksi dini kanker payudara.

“Satu bulan sekali dilakukan cek atau skrining ke klinik atau rumah sakit jika dirasa ada benjolan di sekitar payudara,” ungkapnya.

Untuk melakukan skrining, tidak perlu ada persiapan khusus. Setelah dilakukan USG akan diketahui ada benjolan padat atau tidak, jinak atau berbahaya. Kemudian akan dilanjutkan pemeriksaan berikutnya jika dinilai berbahaya. “Intinya semakin cepat diketahui, semakin baik dalam penanganannya,” katanya.

Sementara itu, Mal Manager Ciputra, Ani Suyatni menambahkan, sudah menjadi agenda rutin dari pihaknya pada tiap bulan Oktober mengundang para perempuan, utamanya ibu-ibu untuk terlibat di kegiatan Breast Cancer.

“Tahun lalu kami dengan Tim PKK Kota Semarang, tahun ini kami ingin menyentuh para srikandi yang bekerja non formal seperti ojek online dan bermacam profesi yang tergabung di aplikasi GoLife,” jelasnya.

Selain pemeriksaan payudara, Mal Ciputra juga melakukan edukasi melalui talk show “Deteksi Dini Kanker Payudara” oleh tim dokter dari Rumah Sakit Columbia Asia Semarang. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.