Cegah Abrasi Kian Parah, Ribuan Mangrove Ditanam di Pesisir Pantura Kendal

Jika pencegahan dengan menanam pohon mangrove di sepanjang pantai utara Pulau Jawa tidak dilakukan, maka daratan yang hilang akan semakin meluas.

KENDAL – Abrasi pesisir pantai utara Kabupaten Kendal kian meprihatinkan. Untuk mencegah semakin parah abrasi, komunitas dan ratusan pelajar melakukan penanaman ribuan pohon mangrove di bibir Pantai Kartika Jaya Patebon Kendal.

Pelajar dan komunitas pecinta alam melakukan penanaman mangrove untuk mencegah abrasi di pesisir pantai utara Kendal yang kian parah. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Dari data yang ada permukaan air laut terus menenggelamkan daratan 10 sampai 20 centi meter pertahunnya. Hal tersebut mengundang para komunitas pecinta alam dan pelajar melakukan gerakan menangkal abrasi pantai dengan menanam ribuan pohon mangrove.

Eva salah seorang pelajar SMK mengaku kegiatan tersebut sebagai wujud syukur mengisi Kemerdekaan dengan melakukan penanaman pohon mangrove. Tidak cukup menanam, gerakan yang dilakukan para generasi muda tersebut juga akan merawatnya keberadaan pohon sampai besar.

Sementara itu, Debib koordinator komunitas Lindungi Hutan menjelaskan, penanaman ribuan pohon mangrove tersebut guna menangkal ganasnya gempuran ombak yang terus mengkikis daratan bibir pantai utara Jawa Tengah khususnya Pantai Tanjung Elok.

“Dengan mengusung tema hutan merdeka ratusan pelajara serta komunitas pecinta alam dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan menjaga lingkungan alam sekitar,” jelasnya,

Menurutnya jika pencegahan dengan menanam pohon mangrove di sepanjang pantai utara Pulau Jawa tidak dilakukan, maka daratan yang hilang akan semakin meluas akibat naiknya permukaan air laut. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.