Catat! Mulai Besok e-Tilang Diterapkan di Solo

Pelanggar yang tertangkap CCTV akan dikirim surat pemberitahuan lengkap dengan screenshot pelanggaran yang dilakukan.

SOLO – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo, mulai menerapkan tilang elektronik atau e-Tilang mulai Rabu (13/2) besok. Pelanggaran lalu lintas tersebut dipantau melalui 66 titik CCTV dan dimonitor oleh petugas yang berada di ruangTraffic Management Center (TMC) Satlantas Solo.

Petugas Satlantas Polresta Solo melakukan monitoring di ruang Traffic Management Center (TMC). Foto: metrojateng.com

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan, ada beberapa pelanggaran lalu lintas yang akan dikenakan tindakan melalui sistem e-Tilang. Di antaranya, melanggar rambu lalu lintas, tidak mengenakan helm, mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan dan masih beberapa pelanggaran lainnya.

”Pelanggaran yang kasat mata yang utama, juga pelanggaran yang potensial ada seperti menyerobot lampu merah,” ujarnya saat ditemui di ruang TMC Satlantas Solo, Selasa (12/2/2019).

Sementara itu, Kanit Regident Satlantas Polresta Solo, AKP Suryo Wibowo menjelaskan, mekanisme penindakan melalui sistem e-Tilang.

Dikatakan, pelanggar yang tertangkap CCTV akan dikirim surat pemberitahuan lengkap dengan screenshot pelanggaran yang dilakukan. Setelah itu, pemilik kendaraan diberikan waktu selama empat hari, untuk melakukan konfirmasi.

“Pelanggar yang tertangkap kamera akan diberikan surat verifikasi dari Satlantas, jika tidak diindahkan maka nomor tersebut akan diblokir sementara,” ujar AKP Suryo Wibowo

Sementara, apabila melakukan konfirmasi, maka petugas akan mengarahkan kepada pelanggar untuk melakukan pembayaran tilang sesuai Undang-undang yang berlaku.

“Dengan penerapan e-Tilang diharapkan bisa menekan angka kecelakaan di Kota Solo, dan warga semakin mematuhi aturan lalu lintas,” kata Suryo. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.